Berita  

Kebakaran Lumat Rumah Adat Betang di Desa Batu Badak Melawi

Korban kebakaran. (Ilustrasi/Istimewa)
Keterangan foto: Korban kebakaran. (Ilustrasi/Istimewa)

MELAWI, infokalbar.com – Bangunan rumah adat (betang) Dayak, yang berada di Dusun Laman Oras Desa Batu Badak, Kecamatan Menukung, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalbar, lumat terbakar, pada Minggu (03/04/2022).

Dilansir dari laman media online Indoglobenews.co.id, Senin (04/04/2022), insiden tersebut berlangsung sekitar pukul 17.20 WIB. 

Dikabarkan, akibat kebakaran itu, sebanyak 17 pintu dengan 27 KK, kehilangan tempat tinggal.

Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto melalui Kapolsek Menukung, IPTU Tri Jumadi mengatakan, laporan tentang musibah ini diterima pihaknya sekira pukul 17.30 WIB.

“Segera setelah menerima laporan personel Polsek Menukung langsung berangkat menuju Dusun Laman Oras dan mendapati rumah betang sudah dalam keadaan terbakar,” ujarnya.

Atas kebakaran yang terjadi, personel Polsek Menukung pun telah melakukan langkah pengamanan Tempat Kejadian Perkara (TKP), guna proses penyelidikan lebih lanjut.

Tri Jumadi menambahkan, bahwa menurut keterangan saksi, penyebab kebakaran diakibatkan dari api tungku dapur yang menggunakan kayu bakar.

“Namun penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan Polsek Menukung,” katanya. 

Masih berdasarkan ulasan laman Indoglobenews.co.id, Kades Batuk Badak, Damianus Enus membenarkan kejadian tersebut. Ia menyebut, selain membakar rumah betang, api juga menghanguskan 2 rumah warga yang tidak jauh dari lokasi rumah betang, 5 lumbung padi yang banyak berisi padi, 7 sepeda motor serta mesin dongfeng penggiling padi.

Damianus Enus juga menambahkan, sebanyak 27 KK telah kehilangan tempat tinggal, yang saat ini telah mengungsi sementara di rumah warga dan sanak keluarga.

Tak hanya itu, kebakaran yang terjadi turut menyebabkan 2 korban luka bakar, yakni Sito (41 tahun) dan Hero (21 tahun). Keduanya telah dievakuasi guna mendapatkan pertolongan medis, satu di Puskesmas Menukung, sedangkan satu korban lainnya dirujuk ke RSUD Melawi. Sementara kerugian materi belum dapat ditaksir.

Sejauh ini, pihak Desa Batu Badak telah memberikan bantuan berupa sembako yang terdiri dari beras, telur, mie instan, sarden kaleng. (FikA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *