Berita  

Jaga Ketahanan Pangan Anggota Satgas Bantu Warga Panen Padi Darat di Perbatasan

SERIANG, infokalbar.com – Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY melaksanakan panen padi darat bersama warga di Desa Seriang, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalbar, Minggu (17/04/2022).

Dansatgas Pamtas, Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis menyampaikan, bantuan yang diberikan para personel ini bertujuan untuk meringankan masyarakat melakukan panen padi serta menjaga keharmonisan yang telah terbangun selama ini.

“Sudah memasuki hampir pertengahan bulan Ramadhan 1443 H, warga Dayak masih ada yang melaksanakan panen padi darat yang berada di wilayah Seriang Kecamatan Badau. Hal ini menandakan bahwa warga masih ada lahan mereka yang belum dipanen semuanya,” ujarnya.

“Kegiatan ini dibantu oleh anggota Satgas kami dalam rangka menjaga ketahanan pangan sehingga terjalin hubungan yang harmonis antar satgas dengan masyarakat di perbatasan,” tambahnya.

Di lokasi panen, Pendi, selaku pemilik ladang menyampaikan, dirinya sangat senang dan sangat terbantu dengan kehadiran personel satgas. Dalam kesempatan itu, ia pun turut mengucapkan terima kasih.

“Padi darat yang kami tanam ini memang sudah kami nugal padinya di saat akhir bulan pada masa nugal padi beberapa bulan yang lalu. Kami sangat senang dan terbantukan atas kehadirannya bapak satgas yang selalu membantu kami dalam nugal padi sampai panen padi sekarang ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Serda Isun didampingi tiga rekannya mengatakan, panen yang dilakukan bersama itu merupakan panen terakhir dari lahan milik warga tersebut 

“Panen padi darat di lahan pak Pendi ini untuk panen yang terakhir, jenis padinya padi ketan dan padi pulut, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan perhatian (satgas) kepada warga, serta (juga dalam rangka) pembinaan teritorial kepada masyarakat,” terangnya. Kegiatan ini berjalan lancar dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan. (Pen Yonif 144/JY/Rilis/Wan Daly)