Berita  

Revitalisasi Pasar Beringin Singkawang Dimulai

SINGKAWANG, infokalbar.com – Revitalisasi Pasar Beringin Singkawang telah dimulai. Hal itu dibuktikan dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Wali Kota Singkawang bersama Komisaris PT Rezeki Timur Laut Sarkawi Lim di Pasar Beringin, Rabu (17/08/2022).

Turut hadir, Ketua DPRD Kota Singkawang, Ketua Komisi II DPRD Kota Singkawang, Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Kota Singkawang, Pimpinan Bank Kalbar Cabang Singkawang dan pihak PT Rezeki Timur Laut dan para Ketua Pedagang Pasar Beringin.

Pengerjaan revitalisasi ini ditargetkan akan berlangsung selama 2 tahun lamanya. Tahap pembangunan akan dimulai pada 17 Oktober 2022 mendatang yang bertepatan dengan peringatan Hari Pembentukan Pemerintah Kota Singkawang.

“Rencananya 17 Oktober 2022 akan dilakukan pemancangan tiang. Pertama, kita mulai proses relokasi para pedagang ke pasar sementara. Kemudian, pembersihan dan pembongkaran. Sesuai timeline, pengerjaan paling lama 2 (dua) tahun harus sudah selesai dan tahun 2024 mendatang sudah diresmikan,” kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie..

“Harapan terbesar kita, pendapat dari para pedagang mengalami peningkatan dan otomatis akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita. Selain itu, saya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama mensukseskan rencana pembangunan revitalisasi Pasar Beringin,” tambahnya.

Tjhai Chui Mie kembali menginformasikan, kepada setiap pedagang Pasar Beringin yang nantinya akan menempati lokasi pasar yang telah direvitalisasi akan diberikan subsidi selama 1 tahun. Pada tahun berikutnya, para pedagang baru dikenakan pembayaran sesuai dengan harga yang ditetapkan berdasarkan tata letak kios atau los yang dipilih.

Pada kesempatan yang sama, Komisaris PT Rezeki Timur Laut, Sarkawi Lim membeberkan informasi pihaknya akan membangun kantor sementara di Kota Singkawang. Kedepannya, pihaknya pun akan turut melakukan pemantauan terhadap perkembangan bangunan Pasar Beringin usai direvitalisasi.

“Kita akan bangun kantor sementara di Kota Singkawang untuk pengelolaan Pasar Beringin, pengurusan administrasi dan registrasi para pedagang yang akan menempati Pasar Beringin itu. Jadi, pasar ini akan dikelola jadi pasar yang bersih, modern, tertata rapi dan sehat sehingga limbah dan sampah bisa dikelola dengan baik,” ujarnya.

Investor revitalisasi Pasar Beringin ini mengaku optimis pengerjaan revitalisasi rampung dalam kurun waktu 2 (dua) tahun mendatang. 

Insya Allah, mudah-mudahan dapat selesai sesuai dengan target yang diharapkan,” tutupnya. (Kominfo/Indra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.