Berita  

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Singkawang Berlangsung Khidmat

SINGKAWANG, infokalbar.com – Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Singkawang berlangsung khidmat. Upacara digelar di halaman kantor Wali Kota Singkawang pada Rabu 17-8- 2022

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie bertindak selaku Inspektur Upacara. Turut hadir Wakil Wali Kota beserta Istri, Forkopimda dan Istri, mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Sekda, Kepala OPD, pimpinan partai, pimpinan instansi vertilal, camat dan lurah.

Sementara peserta upacara terdiri dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dishub dan gabungan ASN dengan mengenakan pakaian adat. Begitu pula dengan para undangan juga menggunakan pakaian adat.

Prosesi pengibaran Bendera Merah Putih pun dimulai dengan Paskibraka yang membentuk formasi angka 77 sesuai dengan usia Kemerdekaan RI ke-77.

Kemudian, Inspektur Upacara menyerahkan Bendera Merah Putih kepada pembawa Baki. Suasana khidmat prosesi pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya.

Wali Kota Tjhai Chui Mie memandang bendera merah putih sebagai hasil perjuangan para pahlawan kemerdekaan yang patut dihormati. Ia menilai semangat kemerdekaan yang ditunjukkan oleh para pejuang ini tidak boleh berhenti pada saat itu saja.

Ia meminta agar semangat ini harus terus diperjuangkan hingga ke generasi penerus bangsa yang selanjutnya untuk pembangunan Indonesia ke arah yang lebih baik, khususnya di Kota Singkawang.

“Bendera Merah Putih ini adalah buah perjuangan dari para pahlawan kemerdekaan yang telah berjuang. Namun, kemerdekaan bukanlah suatu pertanda bagi kita para penerusnya untuk berhenti berjuang,” ujarnya.

“Jadikan momen ini sebagai pengingat dan pertanda kita harus berjuang lebih keras memperjuang kemerdekaan yang membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Pulih lebih cepat, Bangkit lebih kuat. Dirgahayu Republik Indonesia,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie memberikan remisi umum secara simbolis kepada perwakilan warga binaan yang telah ditunjuk, yaitu Sabirin Hasanudin sebanyak 3 bulan dan Eunika Santi Oktonius sebanyak 1 bulan. Kemudian, Ia juga memberikan penghargaan kepada 8 guru berprestasi, 6 siswa berprestasi dan 9 veteran Kota Singkawang.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Irwan bertindak selaku Inpektur Upacara Penurunan Bendera Merah Putih. Suasana upacara penurunan bendera tetap berlangsung khidmat. Diiringi lagu Indonesia Raya, bendera merah putih diturunkan Anggota Paskibraka untuk diserahkan kembali kepada Inspektur  upacara. (Kominfo/Wan Daly)

Leave a Reply

Your email address will not be published.