Berita  

Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Kompak bersama Ribuan Warga Ikuti Jalan Sehat Kebangsaan PMP Kalbar

PONTIANAK, infokalbar.com – Gubernur Kalbar, Sutarmidji bersama Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsam, kompak bersama ribuan warga mengikuti kegiatan Jalan Sehat Kebangsaan, pada Minggu (21/08/2022) pagi.

Jalan Sehat Kebangsan yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalimantan Barat tersebut turut mengikutsertakan 24 etnis yang ada di Kalbar. Acara ini secara resmi dibuka dan dilepas oleh Gubernur Kalbar.

Selain dua pucuk pimpinan Kalbar itu, kegiatan juga tampak dihadiri oleh Ketua PMP Kalbar, Sukiryanto, Kepala Badan Kesbangpol Kalbar, Hermanus, Ketua MABM Kalbar, Chairil Effendy, Ketua Kerabat, Perwakilan Kodam XII/TPR, Perwakilan Danlanud Supadio, Danlantamal XII, Perwakilan Polda Kalbar, Perwakilan Bank Kalbar.

Jalan Sehat Kebangsan ini diawali dengan penyerahan 24 bendera merah putih kepada ketua-ketua organisasi adat dan budaya dari 24 Etnis tersebut–yang kemudian dibawa sembari berjalan mengikuti rute yang telah ditentukan panitia.

Dalam sambutan sebelum pelepasan peserta jalan sehat, Ketua PMP Kalbar, Sukiryanto menjelaskan, bahwa sebagai organisasi masyarakat, PMP merupakan wadah berkumpulnya semua organisasi adat yang tidak hanya bicara soal adat budaya saja, akan tetapi sosial kemasyarakatan serta pembangunan IPM masyarakat Kalbar.

“Kegiatan hari ini adalah puncak kegiatan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI yang Ke-77 yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Merah Putih Kalbar, selain sebagai wadah silaturahmi juga sebagai wadah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam mewujudkan IPM dan turut serta dalam pembangunan daerah ini,” katanya.

Sukiryanto juga mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

“Hal ini bertujuan untuk terus merawat serta menjaga persatuan dan kesatuan dan memeriahkan hari-hari bersejarah nasional di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengaku sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh PMP Kalbar yang terus membantu pemerintah dalam menjaga serta merawat keberagaman, khususnya di Kalimantan Barat serta turut serta dalam upaya peningkatan IPM di Kalbar.

“Bapak-ibu jangan salah, PMP ini bukan Pendidikan Moral Pancasila, tetapi Perkumpulan Merah Putih Kalimantan Barat, kepanjangan beda tapi tujuannya sama, (yakni) bagaimana menjaga serta merawat keutuhan bangsa dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Sutarmidji.

Sutarmidji juga menyampaikan rasa banggganya terhadap PMP. Disampaikannya, kendati berbeda etnis, agama dan budaya, namun bisa menyatu dalam satu wadah organisasi. Sehingga ia berharap, 24 etnis di Kalbar yang tergabung di dalamnya bisa terus menjaga keharmonisan provinsi serta bangsa ini.

“PMP ini luar biasa meski berbeda suku, agama dan budaya tetapi tetap bisa menjalin silaturahmi dengan baik, dan itulah harapan kita semua, silaturahmi dan komunikasi dengan baik dan tidak memperdebatkan hal-hal sepele yang malah tidak produktif,” sampainya.

Gubernur Sutarmidji juga menyampaikan harapannya kepada PMP dan seluruh masyarakat Kalbar untuk terus mendukung Pemerintah Provinsi Kalbar dalam membangun Kalbar lebih baik, meskipun dengan keterbatasan anggaran serta hal lainya dalam membangun  daerah ini.

“Kami mohon dukungan seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan Kalimantan Barat ini, saya bersama Wakil Gubernur dan seluruh jajaran berkomitmen terus berbuat yang terbaik agar daerah kita ini terus maju,” pungkasnya.

Seusai memberikan sambutan, Gubernur Kalbar, Sutarmidji didampingi Ria Norsan, Sukiryanto dan Kepala Badan Kesbangpol Kalbar, Hermanus menyerahkan bendera merah putih kepada ketua-ketua organisasi adat dari 24 Etnis sebelum melakukan Jalan Sehat Kebangsaan.

Adapun rute yang ditempuh dalam Jalan Sehat Kebangsaan tersebut, dimulai dari Stadion Sultan Syarif Abdurrahman ke Jalan A Yani menuju belokan depan Masjid Mujahidin, ke arah Tugu Digulis Untan dan kembali lagi Stadion Sultan Syarif Abdurrahman.

Jalan Sehat Kebangsaan menyediakan hadiah utama berupa 2 unit sepeda motor dan ratusan hadiah hiburan lainnya. Hadiah utama tersebut masing-masing didapatkan oleh Sri, warga Danau Sentarum Pontianak dan Septi Maulina, warga Jalan Komyos Sudarso. (Wan Daly/Yuni)

Sumber : Humas PMP Kalbar/Heri

Leave a Reply

Your email address will not be published.