Berita  

CPNS Singkawang Ikuti Latsar Golongan II Angkatan XLVI

SINGKAWANG, infokalbar.com – Sebanyak 40 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Singkawang Golongan II Angkatan XLVI (empat puluh enam) Tahun 2022 mengikuti pembelajaran klasikal Pelatihan Dasar CPNS di Gedung Diklat BKPSDM Kota Singkawang, Senin (22/08/2022). Pelatihan ini berlangsung selama 6 (enam) hari kerja.

Kegiatan ini membentuk sosok PNS yang profesional sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 5 Tahun 2014. Maka dari itu, perlu adanya suatu pembinaan yang terintegrasi dari seluruh tahapan Manajemen Aparatur Sipil Negara terutama melalui jalur Pendidikan dan Pelatihan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, bahwa CPNS wajib menjalani masa percobaan selama 1 (satu) tahun. Masa percobaan yang merupakan masa prajabatan bagi CPNS dilaksanakan melalui proses pendidikan dan pelatihan yang saat ini dikenal dengan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS.

Kegiatan ini dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan, pelatihan dasar CPNS ini bertujuan untuk membangun kompetensi PNS Kota Singkawang sebagai pelayan masyarakat yang profesional dan mampu mengaktualisasi core values BerAKHLAK, yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif.

“Sebagaimana diatur dalam PP Nomor 11 Tahun 2017 pasal 36, tahapan ini wajib diikuti seluruh CPNS untuk memenuhi persyaratan lulus pendidikan dan pelatihan untuk dapat diangkat menjadi PNS. Oleh sebab itu, saya ingatkan agar saudara-saudara dapat mengikuti semua kegiatan yang telah diagendakan, serta mematuhi seluruh aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan, terutama dalam menginternalisasi core values berakhlak,” katanya saat membuka kegiatan.

Ia berpesan kepada para CPNS untuk mengikuti setiap pelatihan dan pendidikan yang ada dengan bersungguh-sungguh dan penuh semangat.

“Ikuti pelatihan ini dengan bersemangat dan bersungguh-sungguh. Jika tidak memenuhi persyaratan, maka akan dinyatakan gugur. Apabila gagal, Latsar ini hanya bisa diikuti satu kali saja. Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” pesannya.

Untuk diketahui, 40 CPNS yang mengikuti Latsar Golongan II angkatan XLVI Tahun 2022 merupakan CPNS yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang. (Indra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.