mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Taat Hukum, Warga Perbatasan Serahkan Senjata Api Rakitan ke Satgas Pamtas Yonif 645/GTY

  • Share

SAMBAS, infokalbar.com – Anggota Pos Simpang 3 (tiga) Lokpon Satgas Pamtas Yonif 645/GTY Kembali terima penyerahan secara sukarela 1 pucuk senjata api rakitan jenis lantak pada saat kegiatan anjangsana ke rumah-rumah warga dalam rangka memberikan pelatihan pembinaan fisik kepada anak-anak perbatasan yang akan mendaftar menjadi TNI di Dusun Aping, Desa Sebunga Kecamatan Sajingan Kabupaten Sambas, Kalbar. 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/GTY Letkol Inf Hudallah, dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong Gabma Entikong Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Sabtu 10 September 2022.

Dansatgas mengatakan, penyerahan secara sukarela senpi rakitan jenis Lantak ini, sebagai bukti kedekatan antara anggota satgas dengan masyarakat perbatasan yang merupakan hasil dari kegiatan teritorial anjangsana yang setiap hari gencar dilakukan anggota Satgas Pamtas Yonif 645/GTY.

Penyerahan senpi ini bermula ketika 2 orang personel Pos Simpang 3 Lokpon Satgas Pamtas Yonif 645/GTY dipimpin Prada Yogato Rizaldi dan 1 orang anggota melaksanakan kegiatan Anjangsana ke rumah warga berinisial SH dan sekaligus menanyakan kesiapan anaknya (Jinggo 19 tahun) yang berencana ingin mendaftar menjadi Anggota TNI-AD.

“Sejak 2  bulan sebelumnya telah dibina fisiknya atau Jasmaninya Oleh Anggota Pos Simpang 3 Lokpon Untuk Mendaftar TNI-AD,” ujarnya.

SH Sambil berbincang-bincang bersama personel Pos Simpang 3 Lokpon yang melaksanakan Anjangsana, SH menawarkan 1 pucuk senjata rakitan jenis lantak ini kepada anggota pos satgas yang dia punya, karena sudah lama tidak dipakai lagi berburu di hutan.

“Bapak SH memberikan Senjata api rakitan ini mengungkapkan sebagai bentuk rasa simpati dan terimakasih kepada Pos Simpang 3 Lokpon karena sudah membina atau melatih fisik anaknya (Jinggo) untuk persiapan daftar Menjadi Anggota TNI-AD,” pungkasnya

Setelah mendengar ungkapan dari SH, Anggota Pos Simpang 3 Lokpon menerimanya dengan senang hati, karena murni penyerahan senjata api rakitan jenis lantak tersebut kepada Anggota Satgas dengan kesadaran ikhlas tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan sebagai wujud simpati dan Terimakasih karena anggota Pos Simpang 3 (tiga) Lokpon sudah membantu membina/melatih fisik anaknya tersebut.  

Selanjutnya untuk Senapan rakitan jenis Lantak tersebut langsung dilaporkan kepada Danposnya dan sekaligus diamankan juga senpi rakitan tersebut sebagai barang bukti. (Wan Daly)

Sumber: Pen Satgas Pamtas Yonif 645/GTY.

  • Share