Berita  

Robo’-Robo’ Kakap Expo 2022 Jadi Ajang Ekspos 

PONTIANAK, infokalbar.com – Pekan budaya Robo’-Robo’ Kakap Expo di Kecamatan Sungai Kakap resmi dibuka pada Rabu 21 September 2022. Kakap Expo 2022 juga dimeriahkan oleh pawai budaya, lomba seni, pemilihan duta UMKM, lomba dayung sampan kano dan bidar.

Dalam sambutannya, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi  perhelatan Kakap Expo 2022.

“Karena kegiatan pesta rakyat sebagai sebuah praktik baik, Kakap Expo mampu memperkuat ritual budaya Robo’-Robo’,” jelasnya seusai perayaan Robo’-Robo’ di Sungai Kakap.

Ia juga mengatakan Kakap Expo menjadi forum yang strategis untuk mendukung eksistensi para pelaku UMKM di Kubu Raya. Kakap Expo juga diharapkan mampu menjadi penggerak ekonomi baik di wilayah Kecamatan Sungai Kakap maupun di Kabupaten Kubu Raya.

“Saya yakin Kakap Expo ini punya kontribusi yang besar dan kedepannya, nanti kita akan mengawal supaya lebih luas lagi skalanya,” ujarnya.

Kepala Desa Sungai Kakap, Syarif Said mengatakan, tradisi Robo’-Robo’ sudah diwariskan oleh nenek moyang berabad-abad yang lalu, dimana tradisi ini harus diwariskan terus setiap akhir Safar Rabu terakhir bulan Hijriah.

“Itu adalah hari Robo’-Robo’ untuk menolak bala, karena Allah memberikan dalam waktu 1 tahun itu ada 300 ribu lebih bala jadi itu kebudayaan masyarakat kami,” ungkap Said.

“Di akhir bulan Safar ini pada hari Rabu mereka datang ke tepi pantai untuk melakukan tolak bala, jadi kami ingin ini akan menjadi event pariwisata,” terangnya.

Said menyampaikan bahwa untuk perlombaan sampan dilakukan satu hari. “Kegiatan itu disponsori oleh bapak H Syarif Abdullah Alkadrie,” katanya 

Sementara itu, Bone selaku Ketua DPC Partai Nasdem Kecamatan Sungai Kakap menjelaskan, pihaknya selaku panitia pelaksanaan lomba sampan bidar di Kecamatan Sungai Kakap bersyukur bahwa kegiatan dapat berjalan lancar.

Alhamdulillah berjalan dengan lancar , bagi kami mudah-mudahan tahun depan pelaksanaan kegiatan ini bisa lebih meriah, lebih semangat lagi dan pesertanya lebih ramai lagi,” ungkapnya.

“Untuk peserta yang mengikuti lomba sampan itu ada 19 tim dari Kubu Raya. Mudah-mudahan tahun yang akan datang bisa bertambah lagi dan untuk tahun depan bisa meriah lagi,” katanya.

Dijelaskan Bone lebih lanjut, “Bahwa kami akan ikut tingkat provinsi piala Bapak Syarif Abdulah Alkadrie untuk hadiahnya ini berupa trofi, kalau trofi itu untuk juara satu sampai empat yang kita berikan untuk nominal uang pembinaan untuk juara 1 sebesar Rp 3 juta , juara 2 sebesar Rp 2 juta, juara 3 sebesar Rp 1.5 juta, juara 4 sebesar Rp 750 ribu .

Kegiatan Kakap Expo 2022 digelar melalui kerja sama pemerintah Desa Sungai Kakap dengan kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Bahari Desa Sungai Kakap. 

“Ikut mendukung kegiatan ini pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan Forum Koordinasi Pimpinan kecamatan Sungai Kakap,” terangnya. (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published.