Berita  

Sambut HUT TNI ke-77, Satgas Pamtas Yonif 645/GTY Gelar Baksos Pengobatan Massal Gratis di Perbatasan

BENGKAYANG, infokalbar.com – Dalam rangka menyambut HUT Tentara Nasional Indonesia ke-77 tahun 2022, Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/GTY menggelar bakti sosial (baksos) berua pengobatan massal secara gratis kepada masyarakat perbatasan, di Balai Adat Kampung Jagoi Dalam, Dusun. Jagoi, Desa Jagoi Babang, Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten. Bengkayang.

Pengobatan gratis diberikan tersebut diantaranya meliputi pengecekan gula darah, kolesterol, asam urat bagi dan lainnya.

Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty, Letkol Inf Hudallah dalam keterangan tertulisnya di Makotis Gabma Entikong, Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau, Selasa, 27 September 2022 menyatakan, bahwa tingkat kesehatan di perbatasan Kalbar terutama di wilayah Desa Jagoi Babang masih tergolong rendah, sehingga petugas kesehatan yang berada di wilayah tersebut harus lebih giat melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap masyarakat setempat.

“Seperti yang dilakukan oleh Tim Kesehatan Satgas Pamtas Yonif 645/GTY bersama dengan petugas Puskesmas Jagoi Babang,” ujar Dansatgas Hudallah.

Dalam pelaksanaan baksos pemeriksaan dan pengobatan massal gratis ini, Satgas Pamtas Yonif 645/Gty menerjunkan langsung kelapangan Dokter Satgas pamtas yaitu Letda Ckm Arraniri dibantu dengan anggota tim Kesehatan satgas pamtas Yonif 645/Gty.

Dalam kegiatan baksos pemeriksaan dan pengobatan massal gratis tersebut dokter satgas menjelaskan terlebih dahulu mekanisme pemeriksaan dan pengobatan massal tersebut.

“Adapun meliputi pengobatan umum, cek gula darah, cek kolesterol dan cek asam urat,” imbuhnya.

Momen baksos pengobatan massal ini yang menjadikan semakin antusiasnya dari warga masyarakat Jagoi Babang ini, Ketika salah seorang warga ibu-ibu sudah lanjut usia berkeinginan memeriksakan dirinya namun dengan keterbatasan fisik ibu tersebut tidak bisa berjalan menuju tempat baksos pengobatan tersebut.

“Mendengar informasi tersebut Dan SSK 2 Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Lettu Inf Prayudi G turun langsung menjemput ke rumahnya dengan memboyong untuk memberikan pertolongan dan kemudahan agar ibu tersebut bisa mengikuti pengobatan massal,” teranganya

Semeentra itu, Kades Jagoi Babang, Dedeng mewakili seluruh warga Desa Jagoi Babang mengucapkan beribu-ribu terima kasih dan senang dengan pengobatan gratis massal dalam rangka menyambut HUT TNI ke-77 ini yang dilakukan oleh tentara khususnya Satgas Pamtas Yonif 645/Gty kepada masyarakat Jagoi Babang. 

“Kami juga mengucapkan dalam rangka HUT TNI ke-77 tahun ini semoga TNI tetap semakin jaya dan profesional,” ungkap Kades Dedeng.

Sebelumnya, Dansatgas Hudallah juga telah menegaskan, bahwa menjaga wilayah perbatasan agar tetap aman sudah menjadi tugas pokok Satgas Pamtas Yonif 645/Gty. 

“Selain tugas pokok tersebut, Satgas Pamtas Yonif 645/Gty juga peduli terhadap warga masyarakat perbatasan di bidang kesehatan, dan sudah menjadi kewajiban para prajurit Satgas Pamtas untuk memperhatikan kesejahteraan masyarakat setempat,” terang dansatgas.

“Selain tugas pengamanan perbatasan, tiap prajurit juga harus bisa menerapkan ilmu teritorial yang sudah diberikan, dengan harapan dapat merebut hari rakyat,” tutupnya. (Syamsumen) 

Sumber: Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gty.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *