Berita  

PHBI Masjid Istiqamah Entikong Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Penuh Khidmat

ENTIKONG, infokalbar.com – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Istiqamah Entikong Kabupaten Sanggau memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tema “Dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw jadikan Nabi sebagai landasan Akhlak generasi masa kini”. 

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dilaksanakan Pada hari Senin, 14 Rabiul Awal 1444 Hijriah/10 Oktober 2022 Masehi, selepas sholat Isya sekitar pukul 19.30 WIB.

Adapun susunan acara kegiatan sebagaimana yang disampaikan oleh Ucok selaku pembawa acara, yakni:

1. Pembukaan dengan Membaca Ummul Kitab Al Fatihah.

2. Pembacaan Ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh Abidinsyah, dimana para jamaah yang hadir terkesima dan terdiam mendengar bacaan ayat suci Al-Quran yang sangat merdu, syahdu dan menyentuh kalbu, semoga semuanya mendapat pahala dari Allah SWT. Aamiin ya Rabbal Alamin.

3. Kata sambutan dari Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) oleh Ade Hasbullah, dimana dalam sambutannya Ade Hasbullah mengucapkan selamat datang  kepada Al Mukarram Habib Muhammad Fahmi bin Harun Al-Muntahar dan rombongan, yang terhormat kepada para ulama, kepada ketua Pengurus Masjid Istiqamah Entikong, dan para tamu undangan yang tidak dapat ia sebutkan satu persatu, dan terhormat kepada kaum muslimin muslimat Entikong yang telah hadir dalam acara acara yang mulia ini yang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di mana memang berat karena Entikong diguyur hujan semoga itu merupakan Rahmat dari Allah SWT untuk umatnya seluruh alam.

Ade juga mengucapkan terima kasih kepada Semua pihak terutama masyarakat Kecamatan Entikong yang telah mendukung dan sangat membantu untuk kegiatan ini. “Semoga amal baik dan bantuan yang diberikan semoga berkah dan diterima oleh Allah SWT, dan semoga Allah SWT membalasnya, Aamiin ya Rabbal Alamin,” tutupnya.

4. Kata sambutan dari Pengurus Masjid Istiqamah Entikong oleh Muklasin, beliau juga mengucapkan selamat datang kepada Al Mukarram Habib Muhammad Fahmi bin Harun Al-Muntahar dan rombongan dan terimakasih kepada PHBI yang telah melaksanakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW semoga segala amal baik ini diterima oleh Allah SWT. Aamiin.

5. Tausiah singkat dari santri ustadz cilik Putra dimana dalam tausiyahnya mengatakaan betapa besarnya manfaatnya membaca shalawat Nabi Muhammad SAW bagi umatnya kelak di akhir zaman, dan dia mengajak marilah kita perbanyak membaca shalawat Nabi Muhammad SAW.

6. Yang sangat ditunggu-tunggu jamaah Pecinta Rasulullah SAW yang telah memenuhi Masjid Istiqamah Entikong Kabupaten Sanggau yaitu tausiyah yang disampaikan oleh Habib Muhammad Fahmi bin Harun Al-Muntahar dan Pontianak.

Habib Muhammad Fahmi bin Harun Al-Muntahar dalam tausiyahnya menya

Menyampaikan tentang makna dari Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Habib juga menceritakan kisah-kisah  Para Nabi terutama kisah tentang Nabi Muhammad SAW.

“Karena dengan kita mengenal tentang para Nabi membuat kita tahu bagaimana sifat-sifatnya, bagaimana akhlak-akhlaknya para Nabi, terutama Nabi Muhammad SAW, hal ini sangat penting untuk generasi muda saat ini. Dan hal tersebut tentu sangat  semoga dengan kita memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ini menambah kecintaan kita kepada Baginda Rasulullah SAW,” urainya 

Terakhir yang disampaikan Habib Muhammad Fahmi bin Harun Al-Muntahar menyampaikan kesimpulan dari Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Istiqamah Entikong antara lain :

1. Apa yang kita berikan untuk nabi Muhammad Saw di hari kelahirannya? Mengajak untuk memperbanyak membaca shalawat Nabi Muhammad Saw terutama di bulan Rabiul Awal, semoga kita mendapat syafaat dari Allah SWT di dunia dan akhirat.

2. Apa harapan Nabi Muhammad Saw kepada umatnya? Berharap kepada umatnya untuk berakhlak mulia berakhlaktulkarimah.

Terakhir, Habib Muhammad Fahmi bin Harun Al-Muntahar menutup peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Istiqamah Entikong dengan doa. (Syamsumen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *