Berita  

Bawaslu Kubu Raya Gelar Rakor Pengawasan dan Verifikasi Parpol Peserta Pemilu Tahun 2024

KUBU RAYA, infokalbar.com – Badan Pengawas Pemilu Umum (Bawaslu)  Kabupaten Kubu Raya melaksanakan rapat koordinasi terkait pengawasan verifikasi partai politik (parpol) peserta pemilu tahun 2024, di Hotel Dangau Kubu Raya, Rabu (12/10/2022).

Koordinator Divisi Pelanggaran Bawaslu Kubu Raya, Ahmad Darwis mengatakan, kegiatan ini merupakan tahapan awal dalam rangka fungsi pengawasan mengawasi dan verifikasi parpol oleh bawaslu.

“Terkait verifikasi yang seharusnya diperbaiki, kemudian ini salah satu persiapan kedepan verifikasi faktual,” jelasnya seusai kegiatan.

“Kemudian teman-teman bawaslu akan turun ke lapangan untuk memastikan kebenaran data keanggotaan–baik itu KTP maupun KTA, mesti dipastikan saat verifikasi vaktual nanti,” sambungnya.

Selanjutnya, untuk data ASN yang tercantum, pihak Bawaslu Kubu Raya sudah menyampaikan kepada KPU Kabupaten Kubu Raya untuk segera ditindaklanjuti.

“Karena yang mengadu ke bawaslu sekitar 78 orang, kami di bawaslu sudah melakukan pelayanan aduan publik,” ungkapnya.

Lebih jauh, Ahmad juga menerangkan, kalau kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka untuk menyamakan persepsi dalam hal kerja pengawasan di lapangan nantinya.

“Kami di bawaslu–sebelum melakukan penindakan, kami melakukan pencegahan terlebih dahulu–pada saat kejadian untuk ditindaklanjuti, diperbaiki, agar tidak terjadi pelanggaran administrasi maupun pelanggaran tindak pidana,” tutupnya (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *