Berita  

Kapolda Kalbar Sidak Pelayanan SIM di Satpas Polresta Pontianak

PONTIANAK, infokalbar.com – Untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Suryanbodo Asmoro melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polresta Pontianak, di Jalan RE Martadinata, Pontianak Barat, Senin (31/10/2022). 

Ada beberapa ruangan yang ditinjau Kapolda Kalbar, pertama ruang pendaftaran pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), ruang tempat ujian teori, dan lapangan ujian praktek roda dua maupun roda empat keatas.

Saat tiba sekitar pukul 09.00 WIB di Satpas Polresta Pontianak, Kapolda Asmoro yang ditemani oleh Dirlantas Polda Kalbar, Kabid Propam Polda Kalbar, Kabid Humas Polda Kalbar, Kasubdit Regident Ditlantas Polda Kalbar dan Waka Polresta Pontianak (mewakili Kapolresta Pontianak yang sedang sakit), serta Kasat Lantas Polresta Pontianak, langsung mengecek beberapa tempat yang menjadi bagian pelaksanaan pembuatan SIM.

Tujuan dilaksanakan pengecekan ini untuk memastikan pelayanan kepolisian berjalan dengan baik dan bebas dari pungutan liar, serta mengecek kelayakan fasilitas-fasilitas yang digunakan untuk melayani masyarakat.

“Saya datang untuk meyakinkan publik bahwa pelayanan pembuatan SIM harus berjalan dengan baik,” kata Asmoro. 

Sependapat dengan kritikan Kapolri, Kapolda Kalbar meminta meminta agar semua pelaksana di Satpas bisa mematuhi seluruh aturan yang berlaku.

“Kami melihat langsung bagaimana pelayanan yang diberikan oleh Polri kepada masyarakat, segala pelayanan yang dilakukan harus cepat sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada dan masyarakat merasa nyaman atas pelayanan yang diberikan Polri,” ujarnya.

Kepada beberapa petugas, Kapolda Kalbar mengatakan, “Saya minta layani masyarakat dengan baik, dengan sabar, tulus dan tidak perlu meminta apapun”.

Kapolda juga mengatakan, Satpas Polresta Pontianak ini merupakan tempat yang bisa dijadikan ladang dan peluang beramal bagi seorang Polisi. Dimana setiap harinya, ada sekitar puluhan masyarakat yang datang mengurus SIM.

“Sehingga harus ada ruang yang betul-betul nyaman bagi masyarakat yang antre,” ujar kapolda. 

Terakhir, kapolda juga meminta agar petugas dapat bekerja dengan ikhlas, tanpa melakukan pungutan liar. (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *