Berita  

Peringatan Hari Pahlawan, Dandim Mempawah: Ingatan Kolektif Bangsa Akan Tertuju pada Keberanian, Semangat Pantang Menyerah serta Pengorbanan Tanpa Pamrih

KalbarOnline, Mempawah – Komandan Kodim 1201/Mph, Letkol Inf Daru Cahyo Alam menghadiri upacara peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Mempawah, Jalan Daeng Manambon, Kelurahan Tengah, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kamis (10/11/2022).

Upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi sebagai inspektur upacara, Lettu Chb Agus Joko Wibowo selaku komandan upacara.

Ditemui usai kegiatan, Letkol Inf Daru Cahyo Alam mengatakan, bahwa upacara peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Mempawah berlangsung khidmat. Sedikitnya ratusan orang dari TNI/Polri, instansi pemerintah, ormas, dan pelajar mengikuti upacara yang digelar tiap tanggal 10 November untuk mengenang sekaligus memperingati jasa-jasa pahlawan yang telah gugur demi merebut dan mempertahankan NKRI ini.

“Di bulan November ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya,” ucap Letkol Inf Daru Cahyo Alam.

Ia juga menambahkan, peringatan Hari Pahlawan bukan semata-mata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi. Setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia,” tuntas Letkol Inf Daru Cahyo Alam. (Pendim 1201)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *