Berita  

Tinjau Rencana Pembangunan Gedung Kantor, Tim Sekretariat Kabinet Kunjungi Imigrasi Putussibau

Putusibau ,infokalbar.com

Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau menerima kunjungan Tim Sekretariat Kabinet dan Jajaran Tim Program dan Pelaporan Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi beserta Bagian Humas dan Pelaporan
Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat.

Tim terdiri dari Asisten Deputi Bidang Hukum, HAM, dan Aparatur Negara, Bambang Poerwono, kemudian didampingi oleh Kepala Bagian Program dan Pelaporan Sesditjenim, Dadan Gunawan bersama tim Kanwil Kemenkumham Kalbar yang terdiri dari Kepala Sub Bidang Humas-Reformasi Birokrasi Teknologi Informasi, Zulzaeni Mansyur, Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan , Iwan Pramori, Kasubid Perizinan Keimigrasian , Markus Lenggo Rindingpadang beserta JFT dan JFU Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat.

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut atas rencana pembangunan Gedung Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau yang masih dalam tahap pengajuan izin prinsip. Dalam kegiatan ini Kepala Kantor Imigrasi Putussibau, M. Ali Hanafi mendampingi rombongan tim untuk meninjau langsung kondisi lahan yang direncanakan sebagai lokasi pembangunan Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau.

Lokasi yang direncanakan akan dibangun sebagai Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau terletak di Jalan Lintas Barat, Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu. Rencananya lahan pembangunan Kanim Putussibau akan menggunakan Lahan yang sudah bersertifikat Hak Pakai dari Pemda Kapuas Hulu Nomor : 00048 (Keputusan Hibah Bupati Kapuas Hulu nomor 200 Tahun 2016) dengan Tanah seluas 15.000 M².

Hanafi menjelaskan bahwa saat ini kondisi Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau yang digunakan untuk operasional masih berstatus pinjam pakai dari Pemda Kapuas Hulu. Selain masih berstatus pinjam pakai, lokasi Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau saat ini juga merupakan lokasi yang rawan terdampak banjir. Pada Tahun 2020 dan 2021 Kanim Putussibau terdampak siklus banjir tahunan sehingga pelayanan keimigrasian menjadi terhambat dan arsip penting serta perangkat kesisteman harus dilakukan pengamanan ekstra mengingat ketinggian air pada saat banjir sudah memasuki ruang kerja Kantor Imigrasi Putussibau.

Setelah meninjau kondisi lahan, tim melanjutkan kunjungan kerja ke Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau untuk melihat langsung bangunan yang kini digunakan sebagai Kantor Imigrasi Putussibau dan melaksanakan koordinasi lebih lanjut terkait rencana pembangunan Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau.

Kemudian pada Rabu, 16 November 2022 tim melanjutkan kunjungan kerja ke PLBN Nanga Badau untuk meninjau kondisi sarana dan prasarana yang digunakan oleh ASN yang bertugas di PLBN Nanga Badau. Semenjak berdirinya PLBN Nanga Badau, volume pelayanan keimigrasian di Kanim Kelas III TPI Putussibau semakin meningkat sehingga membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang pelayanan keimigrasian.

“Dengan volume pelayanan yang semakin meningkat, hal ini menjadi salah satu urgenisitas pembangunan gedung Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat” terang Kepala Kantor Imigrasi Putussibau.

Publis : Dalys

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *