Berita  

Pemkab Landak Salurkan Bantuan Sosial Tahap V Dalam Rangka Penanganan Inflasi di Kecamatan Sebangki

LANDAK ,infokalbar.com

Pemerintah Daerah Kabupaten Landak melalui Dinas Kumindag Kab. Landak menyalurkan bantuan sosial tahap V dalam rangka penanganan inflasi tahun 2022 di Kecamatan Sebangki, di Aula Kantor Camat Sebangki. Selasa (15/11/2022).

Kegiatan tersebut langsung dihadiri oleh PJ Bupati Landak, selain itu hadir juga Perwakilan Danyon Armed, Staf Ahli Bupati Landak Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Kepala OPD Di Lingkungan Kabupaten Landak atau yang mewakili, Forkopimcam Sebangki, Kepala Desa Se-Kecamatan Sebangki, dan 180 penerima bantuan sosial.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Landak Samuel mengatakan bahwa penyaluran bantuan sosial ini merupakan tindak lanjut dari arahan Pemerintah Pusat dalam penanganan inflasi yang mana juga di Pemerintahan Kabupaten Landak sendiri penyaluran dilakukan secara bertahap ke semua kecamatan yang ada di Kabupaten Landak.

“Ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Landak untuk membantu masyarakat yang terdampak terutama para pedagang rentan dan pelaku UMKM yang mana diharapkan ini dapat membantu meringankan beban bapak ibu pelaku usaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar Samuel.

Pj. Bupati Landak itu juga turut mengingatkan kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Sebangki untuk memberikan pembinaan kepada seluruh masyarakat terkait kesehatan dan kebersihan lingkungan.

“Hal ini dikarenakan stunting atau pertumbuhan anak yang tidak normal atau yang kekurangan gizi di Kecamatan Sebangki cukup tinggi. Di Kabupaten Landak sendiri yang angka stuntingnya paling tinggi ada di Kecamatan Sebangki dan Kecamatan Meranti,” ucapnya.

Samuel mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif dalam memberikan pemahaman kepada sanak keluarga, tetangga, dan masyarakat lain di lingkungan sekitar untuk senantiasa menjaga lingkungan tetap bersih.

“Marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan kita dengan tidak buang air sembarangan. Kemudian, kita juga harus sangat memperhatikan pertumbuhan anaknya dari umur bayi sampai umur dua tahun karena pada saat itulah anak-anak sangat memerlukan perhatian yang tinggi dari orangtuanya terutama dari ibu. Karena jika tidak diperhatikan dan dirawat dengan baik, pertumbuhan anak-anak nantinya akan tidak normal dan kurang gizinya sehingga terhambat pertumbuhannya,” jelas Samuel.

Ia juga menyatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Landak melalui Dinas Sosial PPPAKB akan datang ke Kecamatan Sebangki untuk memberikan pembinaan secara intensif mengenai penurunan angka stunting dengan berkoordinasi dengan Kantor Camat Sebangki.

“Inilah bentuk kepedulian pemerintah kepada semua masyarakat. Dengan kemampuan yang ada, akan kita optimalkan dan manfaatkan semaksimal mungkin. Dan memang yang menjadi ujung tombak disini adalah para Kepala Desa yang tahu persis kondisi dan keadaan warganya. Diharapkan untuk sering dilakukan pembinaan dan jika muncul permasalahan-permasalahan nanti bisa dikomunikasikan dengan Pak Camat yang nantinya dari Pak Camat akan diteruskan laporan tersebut ke Kabupaten. Nantinya, akan diturunkan tim untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut,” ucapnya.

Tidak lupa Samuel berharap kepada semua masyarakat untuk selalu mendukung penyelenggaraan Pemerintahan ini dan patuhi segala peraturan dan kebijakan yang berlaku.

“Saya yakin bahwa kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Kepala Desa bermanfaat dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desanya untuk mengatur tata tertib kehidupan masyarakat di desanya,” tutup Samuel.

Diketahui sebanyak 180 paket sembako yang disalurkan yang terdiri dari beras, minyak goreng, susu, gula, dan bawang putih. Kegiatan dilanjutkan dengan penyaluran bantuan secara simbolis oleh Pj. Bupati Landak, foto bersama dan penyaluran sembako oleh Dinas Kumindag Kab. Landak.

( Diskominfo Kab. Landak )

Publis :Dalys

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *