Giliran Ngopi Bareng Masyarakat Jongkat, Kapolres Mempawah Buka Kesempatan Warga Sampaikan Langsung Berbagai Pengaduan

  • Share

MEMPAWAH, infokalbar.com – Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah kembali melaksanakan ngopi bareng masyarakat di wilayah hukum Polres Mempawah.

Kali ini, kegiatan bertajuk “Ngopi Curhat” ini berlangsung di Kecamatan Jongkat, tepatnya di Warkop Anda Suka, Jalan Raya Jungkat, samping Bank BRI Unit Jongkat, Kamis (1/12/2022) pagi.

Berbagai kalangan yang hadir pada “Ngopi Curhat” ini. Diantaranya, perwakilan Lantamal XII Pontianak, Danramil Jongkat beserta anggota, pimpinan Bank BRI Unit Jongkat, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jongkat, Kepala Desa Jungkat, tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga tokoh pemuda.

Kehadiran Kapolres Mempawah sendiri turut didampingi Wakapolres Mempawah, Kompol Rully Robinson Polii dan sejumlah PJU Polres Mempawah. Tampak hadir pula dalam kesempatan itu Camat Jongkat, Reno Prawira.

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Jongkat yang telah hadir pada acara ngopi bareng tersebut.

Menurutnya, kegiatan ngopi bareng kali kelima di wilayah hukum Polres Mempawah ini dimanfaatkan untuk mempererat silaturahmi antara Polri dengan masyarakat.

“Dalam kesempatan ini pula, kami siap menerima curhat masyarakat terkait masalah kamtibmas yang terjadi di lingkungan masing-masing,” ujar AKBP Fauzan Sukmawansyah.

Ia mengungkapkan, selama ini telah membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menyampaikan langsung berbagai pengaduan terkait masalah kamtibmas dan juga informasi seputar pelayanan kepolisian.

“Jadi setelah ngopi bareng, masyarakat yang ingin mendapatkan informasi seputar pelayanan kepolisian atau memberikan pengaduan kamtibmas, saya persilakan chat langsung ke nomor WA pengaduan Kapolres Mempawah di nomor WhatsApp (WA) 0812-5888-9110,” kata AKBP Fauzan Sukmawansyah.

Kapolres selanjutnya mempersilahkan masyarakat yang hadir untuk menyampaikan masukan apabila ada permasalahan, baik terkait pelayanan kepolisian, penegakan hukum, lalu lintas atau kamtibmas lainnya.

“Jangan ragu-ragu. Sampaikan kepada kami jika ada masalah yang mungkin terjadi di lingkungan masyarakat, namun belum ada penyelesaiannya. Nanti akan kami tindaklanjuti,” ucap AKBP Fauzan Sukmawansyah.

Cukup banyak masukan yang disampaikan perwakilan masyarakat kepada orang nomor 1 di jajaran Polres Mempawah itu.

Misalnya, soal strong point dan plotting point personel Polsek Jongkat untuk melaksanakan pengamanan arus lalu lintas di titik-titik penyeberangan para pelajar menuju ke sekolah di setiap pagi dan siang.

Kemudian, harapan agar Polsek Jongkat dapat meningkatkan intensitas patroli hingga ke kawasan pemukiman warga maupun pelosok desa (kampung).

Ada pula masukan agar Polres Mempawah dan Polsek Jongkat dapat menugaskan anggota untuk menjadi khatib pada Shalat Jumat dan masih banyak lagi masukan lainnya.

Semuanya dijawab tuntas oleh Kapolres AKBP Fauzan Sukmawansyah. Ia langsung menginstruksikan kepada Kapolsek Jongkat, IPDA Fadhila Nugrah Sakti untuk menindaklanjuti berbagai masukan masyarakat tersebut.

Terkait personel Polres Mempawah untuk menjadi khatib Shalat Jumat, Kapolres mengatakan, pihaknya memiliki beberapa personel yang bisa menjadi khatib. Salah satunya adalah Briptu Asep Prayoga.

Dan yang menarik adalah, “Ngopi Curhat Kapolres Mempawah” ini turut menjadi sarana penyampaian keluhan warga terkait jalan rusak, khususnya di Parit Kebayan, Desa Jungkat.

Menurut warga, di Parit Kebayan itu telah berdiri dua sekolah, yakni SD negeri dan SMP Negeri 4.

“Hanya saja, karena kondisi jalan rusak hampir 2 kilometer, menciptakan kesulitan bagi para pelajar di dua sekolah untuk menuntut ilmu,” ungkap Do’i, warga Parit Kebayan.

Menanggapi keluhan warga itu, Kapolres AKBP Fauzan Sukmawansyah, mengaku bisa memahami. Hanya saja, solusi penyelesaiannya bukan lah ranah kepolisian.

“Meski ini bukan ranah kepolisian, Insya Allah masukan bapak-bapak sekalian akan saya teruskan ke Pemkab Mempawah karena kami sama-sama merupakan jajaran Forkopimda,” ungkap Kapolres.

Ngopi Curhat bersama masyarakat Jongkat ditutup dengan doa dan sesi foto bersama. (FikA)

  • Share