Berita  

Kapolsek Mempawah Hulu Pimpin Pengamanan Pembongkaran Pagar Blokir Jalan di PT Indah Subur Sawit

LANDAK, infokalbar.com – Kapolsek Mempawah Hulu IPDA M Edi D pimpin langsung pembongkaran pagar blokir jalan di PT ISS Didusun Dadayu Desa Garu Kecamatan Mempawah Hulu Kabupaten Landak. Senin (5/12/2022).

Pembongkaran sendiri dilaksanakan terkait tindak lanjut pemblokiran jalan oleh aksi warga dan asosiasi pengusaha lokal yang bernaung di bawah koperasi yang berdiri di Mempawah hulu yang selama ini menjadi mitra kelengkepan leanding berdirinya pabrik PT Indah Sawit Subur ( ISS ) yang Merasa kecewa dikarenakan tidak di beri wewenang untuk suplay di pabrik PT ISS.

“Pemblokiran jalan PT. ISS tersebut di picu atas kekecewaan warga terhadap perusahaan karena perintisan dari perusaahaan tersebut mereka sudah terinklut namun setelah pabrik telah uji coba ternyata mereka tidak mendapatkan hak suplay terhadap pabrik, justru yang mendapatkan hak tersebut adalah koperasi dari luar daerah Mempawah Hulu,” ucap kades Yordan.


Kami berharap untuk masa yang akan datang jika ada masalah agar mau berkoordinasi dengan kami sebagai pemerintah desa, kami siap untuk memfasilitasi mediasi, sehingga setiap permasalaha kita bisa selesaikan dengan baik tanpa menimbulkan konflik seperti ini.

Terkait hal tersebut, Polsek Mempawah Hulu selaku sentral keamanan kamtibmas telah mengambil langkah-langkah persuasif dengan melaksanakan mediasi terhadap pihak-pihak terlibat baik dari masyarakat maupun dari perusahaan.

Dari mediasi kedua belah pihak yang dilaksanakan di kantor polsek mempawah hulu tersebut, di ketahui telah menemui kata sepakat, dan di kawal oleh kapolsek Mempawah Hulu, untuk selanjutnya kedua belah pihak langsung ke lokasi Pabrik PT.ISS untuk melaksanakan ritual adat pembongkaran pagar dan menyaksikan alur produksi pengolahan TBS sawit menjadi CPO di PT.ISS.

Kapolres Landak AKBP STEVY FRITS PATTIASINA.,S.I.K.,S.H.,M.H melalui Kapolsek Mempawah Hulu IPDA M Edi D yang hadir dalam kegiatan ritual adat pembongkaran pagar mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh pihak yang hadir, walaupun awalnya ada diskomonikasi tetapi bisa diselesaikan.

Kapolsek berharap agar situasi yang telah kondusif ini bisa dijaga jangan sampai timbul permasalahan yang lain, Mari kita bersama- sama tetap ciptakan yang kondusif di Mempawah Hulu. (widi/gones)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *