mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Pria Wibawa, ” Apel Siaga Adalah Kesiapan Mewujudkan Keamanan dan Ketertiban Menjelang Nataru “

  • Share

Pontianak ,infokalbar.com

Menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat menggelar Apel Siaga Pengamanan Natal Tahun 2022 Dan Tahun Baru 2023 yang dilaksanakan di Aula Lapas Pontianak, Jumat (23/12).

Bertindak sebagai Pembina Apel, Kakanwil Kalbar Pria Wibawa dalam arahannya mengatakan bahwa apel siaga yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia ini adalah sebagai suatu bentuk kesiapan dan langkah strategis bersama dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

“ Demi kelancaran segala bentuk rangkaian kegiatan pada perayaan natal baik di Lapas, Rutan, LPKA, Rupbasan, dan Bapas, perlu kiranya dilakukan suatu upaya sebagai bentuk antisipasi sehingga tidak terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan “, pesan Kakanwil.

Selanjutnya Kakanwil juga memberikan instruksi kepada para Kepala UPT Pemasyarakatan, untuk Kepala Lapas, Rutam, LPKA dan pejabat struktural untuk meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan selama 24 jam dengan memperbantukan petugas staf dan piket, meningkatkan kegiatan intelijen untuk melakukan pemantauan dan melaksanakan deteksi dini terhadap kegiatan warga binaan yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban serta melakukan pengawasan warga binaan.

Untuk layanan kunjungan tetap diberikan sesuai dengan SE Dirjen Pemasyarakatan Nomor PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022 tentang penyesuaian mekanisme terhadap layanan kunjungan secara tatap muka dan pembinaan yang melibatkan pihak luar.

Kepada Kabapas dan pejabat struktural, Kakanwil memberikan instruksi untuk meningkatkan pengawasan terhadap Klien Pemasyarakatan agar terhindar dari hal-hal yang dapat membatakalkan program Integrasi Sosial, dan membuat jadwal piket pelayanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Karupbasan dan pejabat struktural juga mendapatkan instruksi dari Kakanwil untuk menambah petugas piket diluar jam kerja, melakukan deteksi dini dan meningkatkan kontrol keliling serta pengawasan agar Basan dan Baran terhindar dari kebakaran dan pencurian, serta memastikan kondisi Basan dan Baran dalam kondisi terawat dan terpelihara dengan baik.

“ Melalui pelaksanaan apel siaga jelang natal dan tahun baru, saya mengajak seluruh petugas khususnya di jajaran Pemasyarakatan untuk dapat bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab dengan mengedepankan asas nilai PASTI ( Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovasi) “, tutup Kakanwil.

Apel siaga ini juga dihadiri oleh para pimpinan tinggi pratama pada Kanwil kemenkumham Kalbar, Ka. UPT se- Kota Pontianak, serta para tamu undangan lainnya seperti halnya dari Satuan Brimob Polda Kalbar, Polresta Pontianak, Polres Kubu Raya, Kodim 1207 Pontianak, Komandan Rayon Militer Sungai raya, dan Damkar Kubu Raya.

Usai pelaksanaan apel, kegiatan dilanjutkan dengan pertunjukan penampilan dari pasukan Penanggulangan Huru Hara (PHH) yang merupakan gabungan petugas dari Lapas Pontianak dan Rutan Pontianak.

Publish : Dalys

  • Share