Berita  

4 Poros Berakibat Suara Putaran Pertama Pecah

PONTIANAK, infokalbar.com – Pernyataan Gusti Suryadarma, Pembina Prabowo Mantap Indonesia (Pratap) tentang adanya 4 poros, yaitu Prabowo-Muhaimin, Erlangga-Zulhas, Puan-Mahpud/Andika/dll serta Anis-AHY yang akan berlaga di Pemilu 2024–belakangan ini menimbulkan berbagai komentar dan tanggapan di berbagai kalangan, baik yang pro maupun yang kontra.

Menanggapi hal tersebut, Gusti Suryadarma kediamannya di Pontianak menyatakan terjadinya 4 poros karena masing-masing partai sudah mengadakan musyawarah tertinggi partai dengan mengusung capresnya masing-masing dan dengan membentuk koalisi dengan capaian 20 persen–kecuali PDIP tanpa gabungan partai, karena sudah 20 persen. 

“Dengan dilakukan pileg dan pilpres serentak, maka kader-kader partai akan berjuang untuk memperebutkan kursi di parlemen dengan paket capresnya masing-masing. Akibatnya, dengan cara yang demikian pada putaran pertama suara capres akan pecah,” katanya.

Disamping itu, karena masing-masing dari awal semuanya bergerak dengan modal 20 persen. Menurut Gusti lagi, akibatnya dari 4 poros mempunyai peluang untuk masuk putaran kedua, 3 bulan menuju putaran kedua disinilah akan terjadi bargaining position. (Yuni)