Jum’at Curhat di Mempawah Timur, Kapolres Fauzan: Bapak Ibu Jangan Ragu dan Takut untuk Bertanya 

  • Share

MEMPAWAH, infokalbar.com – Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah kembali menggelar program “Jum’at Curhat”, pada Rabu tanggal 11 Januari 2023 pukul 08.30 WIB. Kali ini kegiatan dilaksanakan di Warung Kopi Raihan (Pak Cat), Dusun Parit Banjar Laut, Desa Parit Banjar Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Fauzan kembali menekankan agar masyarakat tidak segan-segan, malu atau takut untuk bertanya kepadanya, karena kehadirannya di tengah-tengah masyarakat ini memang untuk menjawab semua pertanyaan maupun keluhan masyarakat terkait kinerja dan pelayanan Polres Mempawah.

“Jangan ragu dan takut untuk bertanya, karena saya saat ini memposisikan diri saya sama dengan bapak-bapak yang hadir disini, saya akan menyesuaikan diri dengan bahasa masyarakat yang hadir,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Mempawah turut memboyong sejumlah pejabat utama (PJU) Polres Mempawah serta kapolsek jajaran. Hal itu guna memudahkan masyarakat untuk mendapat jawaban secara teknis dan detail, karena langsung dijawab oleh pejabat yang bersangkutan.

Selain jajaran PJU Polres Mempawah, tampak hadir dalam pertemuan itu, Camat Mempawah Timur, R Agus Isnanto dengan didampingi Kasi Kemasyarakatan Mempawah Timur, M Saleh, Kapolsek Mempawah Timur, IPDA Andrianto beserta anggota, Kades Parit Banjar Marlito beserta staf.

Tampak hadir pula tokoh masyarakat setempat, seperti Kusnadi, Kamaludin, Imamudin, Thamrin, Ismail DS, Urai Supardi dan sederet tokoh masyarakat lainnya. Dari kalangan tokoh agama, hadir diantaranya Ustad Satuki dan Ustad Razali.

Selain itu, hadir juga sejumlah tokoh pemuda, diantaranya Ahmadi dan lainnya serta para awak media yang bertugas di Kabupaten Mempawah.

Melanjutkan sambutannya, Kapolres Fauzan menyampaikan ucapan terima kasih atas undangan dari masyarakat Desa Parit Banjar ini. Ia menjelaskan, bahwa program ini diawali dari program Kapolri “Jumat Curhat”, yakni dalam rangka mendekatkan diri dengan masyarakat.

“Dan kegiatan ini yang ke 10 kalinya,” ucapnya.

Kapolres juga mengatakan, bahwa maksud dan tujuannya kegiatan “Jum’at Curhat” tersebut yakni untuk menjalin kedekatan antara Polri dengan masyarakat, sehingga terciptanya kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang diharapkan di Kabupaten Mempawah.

“(Jum’at Curhat) membuka ruang menyampaikan keluh kesah dari masyarakat terkait masalah apapun yang selama ini belum tersampaikan dengan secara langsung kepada Kapolres Mempawah atau PJU maupun kapolsek,” terang AKBP Fauzan.

“Dan dalam setiap kegiatan, saya selalu mengajak para PJU Polres, silahkan disampaikan apabila ada persoalan di lingkungannya, baik terkait Narkoba ada Kasat Narkoba, terkait lalu lintas ada Kasat Lantas dan terkait tindak pidana, proses penyidikan silahkan tanyakan ke Kasat Reskrim,” tambahnya.

Sementara itu, Kades Parit Banjar, Marlito dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih atas kegiatan dan kehadiran Kapolres Mempawah dan jajaran. Ia pun berpesan kepada masyarakatnya untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

“Silahkan masyarakat yang hadir untuk menyampaikan keluh kesah terkait kamtibmas kepada Kapolres Mempawah, manfaatkan kesempatan itu, karena hari ini kita langsung bertemu dengan Pak Kapolres,” tuturnya.

Secara umum, Marlito menyampaikan, bahwa kondisi kamtibmas di desanya cukup kondusif. Ia berharap, kedepan semakin terjalin sinergitas antar semua pihak untuk tetap menjaga agar kamtibmas di Desa Parit Banjar berlangsung kondusif.

“Sampai saat ini situasi kamtibmas di Desa Parit Banjar dalam keadaan aman dan kondusif, dan telah terjalin kerja sama yang baik antara pemerintahan desa, bhabinkamtibmas dan babinsa,” ungkapnya.

Selanjutnya, sesi dialog antara pihak Polres Mempawah dan masyarakat yang dipandu oleh Paur Humas Polres Mempawah, Bripka Susworo Putu Sastro tersebut berlangsung seru, namun tetap hangat dan penuh kekeluargaan, sesekali candaan juga terdengar.

Sebagai tambahan informasi, program “Jum’at Curhat” Kapolres Mempawah selanjutnya akan diadakan kembali pada hari Jumat tanggal 13 Januari 2023 di Takong, Desa Sepang, Kecamatan Toho.

Tak hanya aduan dan keluhan, selama pelaksanaan kegiatan yang dikemas dengan ngopi bareng itu, Kapolres Mempawah juga banyak menerima pujian dari masyarakat atas kinerja polres dan jajaran yang sangat baik, termasuk kinerja bhabinkamtibmas yang selalu mendapat apresiasi, karena dinilai sangat efektif dalam membina masyarakat untuk menciptakan dan memelihara kamtibmas. (FikA)

  • Share