Gelar Jum’at Curhat di Atas Kapal, Kapolda Kalbar Janji Terus Berikan Pelayanan Terbaik kepada Para Nelayan

  • Share

PONTIANAK, infokalbar.com – Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Suryanbodo Asmoro terjun langsung mendengarkan aspirasi dan keluhan dari para nelayan di Pelabuhan Perikanan TPI, Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Jumat (13/01/2023). Kegiatan bertajuk “Jum’at Curhat Bersama Kapolda Kalbar” itu pun digelar di atas kapal.

Selain dalam rangka menerima masukan, keluhan maupun aspirasi dari para nelayan, kunjungan kapolda kala itu juga sekaligus guna meninjau perairan dalam rangka memastikan jalur perairan di wilayah Kalbar khususnya Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya aman dan kondusif.

“Hal ini dilakukan agar dapat mencegah dan meminimalisir kejahatan di perairan serta mengecek kesiapan personel,” jelas Irjen Pol Suryanbodo Asmoro di sela-sela kegiatan Jum’at Curhat.

Selain mengecek kesiapan personel, Kapolda Kabar juga mengajak beberapa nelayan berdialog mengenai kendala dan keluhan yang dialami para nelayan selama melaut atau melakukan aktivitas penangkapan ikan.

Dilain itu, Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Raden Petit Wijaya mengatakan, kegiatan ini guna menampung keluhan serta kendala yang disampaikan para nelayan dan juga memastikan akan terus memberikan pelayanan yang terbaik.

Raden Petit juga mengimbau para nelayan untuk tetap mematuhi aturan dalam penangkapan ikan, serta terus memantau informasi perkembangan cuaca sebelum melakukan aktivitas pelayaran, baik arah angin maupun tinggi gelombang.

Diterangkan Raden Petit, selain meninjau lokasi, Kapolda Kalbar juga menekankan kepada personel untuk terus melakukan patroli wilayah perairan guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Sementara itu, salah satu pemilik kapal, Atong berharap agar Ditpolairud Polda Kalbar terus rutin melakukan patroli serta melarang para nelayan yang menggunakan bom untuk menangkap ikan.

“Agar Ditpolairud Polda Kalbar dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat nelayan dan pemilik kapal, agar menjaga kebersihan di laut Kalbar ini dan menggencarkan patroli terhadap penangkapan ikan yang menggunakan bom,” ungkap Atong.

Diakhir kegiatan tersebut, Kapolda Kalbar juga menyerahkan baju pelampung dan sembako kepada para nelayan. (Yuni)

Sumber: Humas Polda Kalbar/Bripda Juni.

  • Share