Mahasiswa Profesi Ners UNTAN Gelar Kegiatan Pengenalan AMAN DIRI di SD Negeri 44 Pontianak Barat

  • Share

Pontianak, infokalbar.com – Telah dilaksanakan kegiatan AMAN DIRI (Ajang Mengenal Kesehatan ReproduksI, Pubertas dan Kebersihan) oleh mahasiswa Profesi Ners UNTAN di SD Negeri 44 Pontianak Barat.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Ferbuari 2023 di SD Negeri 44 Pontianak Barat dengan target anak kelas 6 khususnya anak menuju usia remaja. Kegiatan AMAN DIRI bertujuan mengedukasi anak untuk mengenal reproduksi, mengenal pubertas dan kebersihannya serta cara mencegah kekerasan seksual yang sering terjadi pada anak-anak.

Melihat tingginya angka kekerasan seksual pada anak di Pontianak menjadi latar belakang kami sebagai mahasiswa keperawatan untuk melakukan edukasi tentang seksualitas yang diharapkan dapat menurunkan angka kekerasan seksual pada anak.

Kegiatan diawali dengan perkenalan dan pemaparan materi terkait pengenalan kesehatan reproduksi, perubahan fisik anak ketika menjelang masa pubertas dan edukasi terkait kekerasan seksual yang dilanjutkan dengan penayangan video edukasi dan tanya jawab serta pembagian reward dan ditutup dengan sesi dokumentasi.

Kepala sekolah SD Negeri 44 Pontianak Barat (Bu Lies Indrawati, M.Pd) mengatakan “Saya merasa senang mendapat kunjungan dari mahasiswa dan merasa terbantu dengan adanya kegiatan-kegaiatan seperti ini. Saya harap semoga kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dan diadakan setiap tahunya dengan tema yang berbeda-beda”.

Kami sebagai mahasiswa profesi Ners Universitas Tanjungpura berharap semoga dengan diadakannya pendidikan kesehatan mengenai seksualitas, pubertas dan pencegahan kekerasan seksual dapat meningkatkan pengetahuan adik-adik sehingga dapat menurunkan angka kejadian kekerasan seksual pada anak. Hal ini dikarenakan anak sudah bisa memehami cara pencegahanya sejak dini. Selain itu anak-anak memahami dan tidak merasa khawatir terkait perubahan fisik dan cara perawatannya ketika anak beranjak ke masa pubertas.

( Daly )

  • Share