mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Kadivmin Dwi Harnanto Tinjau UPT di Wilayah Sanggau

  • Share

Sanggau, infokalbar.com – Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat (Kanwil Kemenkumham Kalbar) Dwi Harnanto melakukan kunjungan kerja pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di Kabupaten Sanggau, Rabu (15/03/2023).

Pada kesempatan ini Dwi Harnanto yang didampingi Fungsional pada Sub Bidang Kepegawaian dan Rumah Tangga memberikan pembinaan serta melaksanakan monitoring dan evaluasi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Fasilitatif.

Kunjungan kerja diawali dengan menyambangi Rupbasan Kelas II Sanggau yang disambut Kepala Rupbasan Sanggau Ramli. Kepada Humas Kanwil Kemenkumham Kalbar, Dwi Harnanto menyampaikan saat ini kondisi tempat penyimpanan pada Rupbasan Sanggau dapat dikatakan kurang memadai.

“Yang kami lihat penyimpanan kendaraan dan barang lainnya belum optimal menutup basan sehingga mengurangi kualitas pemeliharaan, dimana basan masih terkena terik matahari dan tempias air hujan. Kondisi pagar juga masih ada rembesan air dari lingkungan sekitarnya yang cenderung lebih tinggi permukaannya sehingga lantai beton Rupbasan berlumut dan licin,” jelas Dwi.

“Rumah Dinas Kepala Rupbasan saat ini masih menggunakan rumah dinas Pemerintah Daerah karena rumah dinas Karupbasan (Kepala Rupbasan) sudah dihapuskan sebelumnya terkena dampak pelebaran jalan,” kata Dwi kepada Humas Kanwil Kemenkumham Kalbar.

Sebagai informasi, Pihak Pemerintah Daerah Sanggau melalui Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau akan menyerahkan Rumah Dinas yang diperuntukan bagi Rumah Jabatan Kepala Rupbasan Kelas II Sanggau. Lokasi rumah dinas tersebut tidak jauh dari Rumah Dinas yang ditempati Karupbasan sekarang.

“Saya beserta tim berkesempatan melihat lokasi rumah dinas didampingi Pejabat Struktural Kantor Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau Bapak Dedi dan Ibu Putri. Pertemuan ini sambil kami membahas rencana penyerahan rumah dinas tersebut,” ucap Kadivmin Dwi Harnanto.

Selanjutnya Dwi Harnanto mengunjungi Rutan Kelas IIB Sanggau dan Kanim Kelas II TPI Sanggau. Dwi Harnanto meninjau langsung kondisi kedua UPT tersebut.

Di Rutan Sanggau Dwi disambut langsung Karutan Kelas IIB Sanggau Acip Rasidi dan melihat titik-titik yang menjadi fokus untuk dilaksanakan perbaikan/pemeliharaan.

“Diantaranya sirkulasi udara pada blok hunian yang harus diperbaiki, kondisi cat dinding blok hunian yang sudah banyak terkikis,” imbuhnya.

Dwi menambahkan “Untuk dapur kami lihat sudah bersih dan menu setiap harinya sudah terpasang. Sudah ada ruangan khusus bagi narapidana/tahanan yang sedang sakit dan tidak ada yang berpenyakit menular. Khusus untuk narapidana/tahanan perempuan aktifitas senam dilakukan di selasar sedangkan untuk narapidana/tahanan dapat menggunakan lapangan yang ukurannya sangat minim secara bergantian per blok. Sudah ada tempat main anak, toilet difable dan ruang menyusui.”

Untuk di Kanim Kelas II TPI Sanggau, Dwi menilai kondisi bangunan Kanim Kelas II TPI Sanggau sangat baik, sudah menerapkan layanan dan ruang layanan berbasis HAM.

“Seperti sudah ada layanan dan toilet untuk difabel, dan ruang laktasi. Namun belum ada guiden blok dan dipandang perlu adanya perubahan tata layout agar terlihat lebih luas dan tidak terkesan tersekat sekat,” jelas Dwi.

Kepada para Pegawai UPT di lingkungan Kabupaten Sanggau (Rupbasan, Rutan, Kanim), Dwi mengharapkan Tahun 2023 seluruh jajaran dapat berbenah dan berproses menuju Satuan Kerja (Satker) yang berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dengan memenuhi data dukung LKE E-RB dari per triwulannya.

“Di sini saya mengingatkan kembali arahan Presiden, Menkumham dan Sekjen terkait dengan tidak pamer kemewahan, kekuasaan, tidak hidup hedon,” tegasnya.

  • Share