Berita  

Mantap! Imigrasi Entikong Siap Melayani Profesional dan Humanis Bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri Jelang Lebaran

Ket Foto:

Sanggau, infokalbar.com – Hampir setahun sejak Perlintasan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) PLBN Entikong dibuka, tepatnya sejak 1 April 2022. Hal ini tentu berdampak pada peningkatan drastis perlintasan khususnya dari Indonesia (Wilayah Entikong) ke Malaysia (Wilayah Serawak), dibandingkan tahun 2020 dan 2021 yang masih terkena dampak dari Pembatasan perlintasan karena Pandemi Covid-19. 


Berkaitan dengan banyaknya Pelintas yang telah melaksanakan Vaksinasi dan mendapatkan kelonggaran perjalanan Internasional dari Pemerintah, Terlebih pemerintah telah menghapus aturan kekarantinaan bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang telah menerima vaksinasi dosis kedua sejak 5 April 2022, menjadi kebanggaan bagi Petugas Imigrasi Kelas II TPI Entikong untuk dapat melayani perlintasan Pelaku Perjalanan Internasional dengan baik dengan intensitas yang kembali normal khususnya di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, setelah 2 (dua) tahun Tempat Pemeriksaan Imigrasi Entikong Selalu terlihat sepi.


Kini, Bulan Ramadhan tahun 2023 telah datang dan Jelang Lebaran mudik pun pasti akan dimanfaatkan oleh Pelaku Perjalanan Internasional baik WNI maupun WNA untuk menikmati damainya berkumpul dan berpuasa bersama keluarga. Ataupun nantinya juga hendak mudik dan mengunjungi keluarganya untuk merayakan Idul Fitri bersama.


Mengantisipasi arus perlintasan masuk pemudik di momen Ramadhan dan lebaran 2023, sebagai  salah satu tempat pemeriksaan Imigrasi di Wilayah Indonesia yaitu di provinsi Kalimantan Barat yang berbatasan dengan Wilayah Serawak (Malaysia), kantor Imigrasi  Kelas II TPI Entikong melakukan sejumlah langkah antisipatif yang profesional dan Humanis, ujar Sigit Adikya Putra, Kasi Tikim Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong.


“Apabila dilihat dari data perlintasan selama dari sejak 1 Januari 2023 Hingga 20 Maret 2023, terlihat peningkatan yang  cukup signifikan dari WNI maupun WNA masuk melalui TPI PLBN Entikong,” katanya. Sigit menambahkan, jumlah WNI yang melintas masuk dari TPI PLBN Entikong sejak 1 Januari 2023 hingga 20 Maret 2023 sebanyak 51.052 pelintas, sedangkan WNA yang masuk sejumlah 5.721, sedangkan WNI yang berangkat keluar dari Indonesia sejumlah 51.052 Pelintas dan WNA sejumlah 5.721 Pelintas. Jumlah ini meningkat jauh dibanding pada periode yang sama pada tahun lalu yakni pada 1 Januari 2022 Hingga 31 Maret 2022 dengan jumlah pelintas masuk sebanyak 6.436 WNI, 13 WNA dan pelintas keluar/berangkat sejumlah 318 WNI dan 15 WNA.


Adanya peningkatan jumlah WNI dan WNA yang masuk selain tentunya karena momentum lebaran juga  dipengaruhi oleh kebijakan sejumlah negara yang telah memberikan kemudahan  keluar masuk bagi pelaku perjalanan Internasional,  Kunjungan keluarga dari masyarakat dengan kekerabatan erat di Kalimantan barat-Serawak (Baik Melayu maupun Dayak) serta perjalanan wisata dari dan ke Serawak-Kalimantan Barat.