mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Kanwil Kemenkumham Kalbar Gelar Touring dan Bakti Sosial

  • Share


Pontianak ,infokalbar.com

Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun 2023, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Barat menyelenggarakan Touring Pemasyarakatan Peduli, Kamis (13/04).
Memulai start dari Rutan Kelas IIA Pontianak, seluruh peserta terlihat antusias dan semangat beriringan menuju lokasi pemberian bantuan tali kasih kepada 6 purnawirawan pemasyarakatan pertama bakti sosial di Jalan 822 dan bantuan sosial warga setempat. Selanjutnya rombongan bergerak menuju Panti Asuhan Nurul Iman Pontianak.
Kepala Kanwil Kemenkumham Kalbar Pria Wibawa menyampaikan kegiatan Touring dan Bhakti Sosial merupakan salah satu Rangkaian kegiatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 yang dibarengi dengan bulan Ramadan yang merupakan implementasi dari Undang-undang nomor 22 tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.
“Bhakti Sosial ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian atau rasa kemanusiaan terhadap sesama untuk membantu anak-anak Panti Asuhan selaku masyarakat terdampak musibah dengan harapan dapat turut serta memperingan beban mereka,” ujar Pria Wibawa.
Dirinya melanjutkan, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa simpati, empati terhadap kepedulian sosial dalam masyarakat dan menambah amal perbuatan di Bulan Ramadhan serta meningkatkan dan mempererat Silaturahmi. Disisi lain kegiatan ini tidak hanya meliputi aspek spiritual saja melainkan juga pada aspek perilaku yang positif dalam pembentukan karakter yang baik yaitu mengajak untuk saling berbagi satu sama lain.
“Jadikan Bulan Suci Ramadan sebagai momentum dalam memperbaiki diri dan meningkatkan amalan ibadah dengan penuh keikhlasan seraya berharap semoga Allah SWT melipatgandakan pahala ibadah kita semua. Semoga melalui kegiatan Touring dan Bhakti Sosial ini dapat menumbuhkan harmonisasi dan hubungan yang kuat antar sesama manusia,” pesan mantan Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Dirjen Imigrasi ini.
Sementara itu Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalbar Ika Yusanti menambahkan, kegiatan Touring dan Bhakti Sosial ini dilaksanakan juga sebagai penghubung silaturahmi, yang merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan.
“Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi momentum untuk mempererat hubungan sosial dan religius kita, tetapi juga dapat membawa berkah dan keberkahan dari Allah SWT,” ucap Ika.
Kegiatan Touring dan Bhakti Sosial memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-59 dilaksanakan di Panti Asuhan Nurul Iman Pontianak dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Kota Pontianak, Kepala Cabang BSI, perwakilan petugas masing-masing UPT Pemasyarakatan se-Pontianak dan Anak Panti yang berjumlah 40 Orang.

( Daly )

  • Share