mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Perlombaan sumpit dan gasing “Gemilang Nusantara” dalam rangka Hari Bhayangkara Ke – 77

  • Share

Sanggau ,infokalbar.com

Telah dilaksanakan Pembukaan Perlombaan Sumpit dan Gasing “Gemilang Nusantara” dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023. Acara pembukaan dimulai pada 09.00 Wib bertempat di Halaman Ma Polres Sanggau Jl. Jendral Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau Kalbar, Sabtu (17/6/2023)

Kegiatan lomba di buka oleh Kabagren Polres Sanggau AKP Priyono, Kasat Intelkam Polres Sanggau IPTU Suhartoto, Panitia Pelaksana dari Sat Intelkam Polres Sanggau, Para Juri dari Komunitas Sumpit Kabupaten Sanggau, para Juri dari Komunitas Gasing Kabupaten Sanggau, peserta lomba dari 15 Polsek Jajaran.

Adapun rangkaian kegiatan:
Pembukaan Acara, Pembacaan doa, Sambutan oleh Kabag Ren Polres Sanggau, Pembukaan secara simbolis di tandai dengan menyumpit oleh Kabag Ren Polres Sanggau, Sesi foto bersama, dan Penutup.

Adapun kata sambutan Kabag Ren Polres Sanggau
Pertama-tama mengucapkan puji syukur atas kehadiran Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan ridhonya kita dapat hadir dalam pembukaan perlombaan sumpit dan gasing dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-77 2023 yang merupakan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Sanggau.

Kegiatan ini di laksanakan selama 1 hari yang diikuti sebanyak 60 peserta dari 15 Kecamatan di wilayah Kabupaten Sanggau. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari Bhayangkara Ke-77 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2023 dengan tema “Polri Presisi Untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju”.

Adapun Perlombaan gasing dan sumpit merupakan wujud Polri dalam melestarikan budaya kearifan lokal di Kalbar khususnya Kabupaten Sanggau yang terus dijunjung dan dihargai guna mendukung Polri yang presisi demi terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang pada pada saat dan pasca pemilu serentak tahun 2023.tuturnya.

Pertandingan sumpit dan gasing ini mengharapkan terjalinnya hubungan dan komunikasi yang baik serta dapat merajut kebersamaan dan juga kedepannya terdapat bibit-bibit atlit pesaing dan pesumpit yang handal, jika nantinya kegiatan ini dijadikan cabang olahraga yang akan di pertandingkan ke tingkat Provinsi dan Nasional.

Selanjutnya dari rangkaian perlombaan di lakukan Penyerahan hadiah yang diserahkan langsung oleh Wakapolres Sanggau KOMPOL Novrial Alberti Kombo, S.I.K., M.A.P

Adapun pemenang Sumpit:
Putra :
a. Juara I Putra : Kornelius Daka perwakilan Polsek Kembayan dengan nilai 320
b. Juara II Putra : Stepanus Donatus perwakilan Polsek Sekayam dengan nilai 260
c. Juara III Putra : Suryanto perwakilan Polsek Mukok dengan nilai 250

Putri :
a. Juara I Putri: PERDA MULYANU perwakilan Polsek Sekayam dengan nilai 410
b. Juara II Putri : SISKAWATI perwakilan Polsek Kembayan dengan nilai 360
c. Juara III Putri : MARINA perwakilan Polsek Kembayan dengan nilai 320

Dan adapun pemenang Gasing :
a. Juara I : SAHIB Perwakilan Polres Sanggau
b. Juara II : SYAFARUDIN Perwakilan Polsek Sekayam
c. Juara III : SUJATMIKO Perwakilan Kembayan.
Itulah rangkaian kegiatan perlombaan yang pada dasarnya, dilaksanakannya perlombaan sumpit dan gasing untuk mewujudkan dan melestarikan budaya kearifan lokal Kalbar khususnya di Kabupaten Sanggau yang terus di junjung dan di hargai guna mendukung Polri yang presisi demi terciptanya situasi dan kondusif menjelang pada saat dan pasca Pemilu serentak Tahun 2024.
dan Selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif.

(Syamsumen)

  • Share