Berita  

Waduuuh 28 Orang WNI Terlantar, Di Pulangkan KJRI KUCHING DARI SARAWAK MALAYSIA.

Sanggau ,infokalbar.com

KJRI Kuching telah memulangkan 28 orang WNI Terlantar dari Sarawak melalui program Repatriasi melalui PLBN Entikong. Karena jumlah yang cukup banyak, Repatriasi tersebut dilaksanakan sebanyak 2 kali yaitu pertama pada hari Kamis, 24 Agustus 2023, telah dipulangkan sebanyak 14 (empat belas) orang WNI yang terlantar dan ditampung sementara dari Shelter KJRI di Kuching, Sarawak. Ke-14 orang WNI tersebut terdiri dari 4 (empat) orang Perempuan dan 10 (sepuluh) orang Lelaki.

Kemudian Repatriasi kedua dilaksanakan pada hari Senin,28 Agustus 2023, sebanyak 14 (empat belas) orang WNI terdiri dari 6 (enam) orang Perempuan dan 8 (delapan) orang Lelaki. Sebagian besar WNI yang dipulangkan tersebut terlantar dan bermasalah karena ditipu oleh Agensi pekerja ilegal, tidak dibayar gaji, tidak tahan bekerja, lari dari tempat kerja dan sebagian lagi adalah penyerahan dari Jabatan Imigresen Sarawak untuk dipulangkan secara mandiri oleh KJRI Kuching.

Dalam periode Januari 2023 hingga saat ini, KJRI Kuching telah memulangkan sebanyak 125 (seratus dua puluh lima) orang WNI Bermasalah melalui Program Repatriasi KJRI Kuching. Sedangkan jumlah WNI yang dipulangkan oleh Jabatan Imigresen Sarawak melalui Deportasi hingga bulan Agustus 2023, tercatat sebanyak 2940 (Dua Ribu Sembilan Ratus Empat Puluh) Orang. Total jumlah pemulangan WNI melalui Deportasi Imigresen Sarawak dan Repatriasi KJRI Kuching sebanyak 3065 (Tiga Ribu Enam Puluh Lima) orang.

Ke-28 orang WNI B tersebut selanjutnya diserahkan kepada Tim Satgas Pemulangan di PLBN Entikong untuk dikembalikan ke masing-masing wilayah asal mereka.
(Syamsumen )