Berita  

Pemkab Bengkayang Resmikan SMAK Arastamar Monterado

BENGKAYANG, infokalbar.com – Pemerintah Kabupaten Bengkayang meresmikan gedung Sekolah Menengah Agama Kristen “SMAK” Arastamar Monterado, yang terletak di Desa Mekar Baru, Kecamatan Monterado, Kamis (12/05/2022). 

Secara seremonial, peresmian dilakukan oleh Asisten II Bupati Bengkayang yang juga sekaligus mewakili kehadiran Bupati Bengkayang, Dody Waluyo.

banner 728x250

Peresmian ini dihadiri oleh 100 undangan, termasuk diantaranya Kanwil Bimas Kristen Provinsi Kalimantan Barat,  Burtono dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang, Heru Pujiono.

Darlin Simanulang selaku ketua panitia serta guru di SMAK Arastamar Monterado mengaku bersyukur, bahwa tepat pada tahun kelima persekolahan, Sekolah Menengah Agama Kristen SMAK Arastamar Monterado yang dinaungi oleh Yayasan Setia Arastamar Bagi Bapa Sorgawi “ABAS” akhirnya sukses menunaikan visi-misinya di bidang pendidikan berbasis karakter.

“Sejarah berdirinya persekolahan ini atas dasar hati dan prihatin terhadap anak-anak daerah yang putus sekolah dan tidak punya kesempatan untuk bersekolah dikarenakan berbagai banyak hal,” ujar Darlin saat memberikan kata sambutannya.

Ia menyampaikan, bahwa SMAK Arastamar ini berdiri sejak tanggal 17 Juli 2017, dengan jumlah siswa kala itu sebanyak 12 orang–hingga saat ini sudah berjalan enam angkatan. Ia menceritakan, setahun setelah berdirinya SMAK Arastamar Monterado, yakni pada tahun 2018, langsung mendapatkan ijin operasional dari Dirjen Bimas Kristen kementerian agama Jakarta dengan Nomor SK 506 tahun 2018.

“Dengan anugerah tersebut persekolahan SMAK Arastamar Monterado berhak memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), artinya diakui secara nasional,” ujarnya.

Lebih lanjut, Darlin mengatakan, adapun tujuan sekolah ini berdiri untuk merekrut atau mengajak dan mencari anak yang tidak berkesempatan untuk sekolah di reguler agar tergerak untuk mau bersekolah.

“Sesuai dengan motto SMAK Arastamar Monterado adalah ‘Melayani Dengan Kasih’, dengan tujuan supaya dari para siswa-siswi lahir generasi generasi memiliki karakter keilmuan berlandaskan karakter Kristiani. Jadi hingga saat ini kami menjalankan sekolah ini setiap hari proses pembelajaran sesuai dengan instruksi, prosedur dan kurikulum pemerintah dan sampai hari ini terjadilah peresmian gedung SMAK Arastamar Monterado ini yang adalah banyak sekali campur tangan Tuhan melalui doa-doa kita semua, serta orang-orang yang tergerak untuk menyumbang mendonaturi proses pembangunan gedung ini,” ujarnya.

“Kedepannya kami memiliki harapan akan semakin banyak anak-anak yang memiliki taraf ekonominya kurang mampu, kami terbuka bagi mereka, dan bersama sama kita belajar di tempat ini,” sambungnya.

Hendro, selaku Kepala Sekolah SMAK Arastamar Monterado menambahkan, berdirinya sekolah ini, semua karena atas berkat dan Rahmat Tuhan yang Maha Esa.

“Karenanya saya selaku kepala sekolah besar harapan atas dorongan dan dukungan pihak Pemerintah Kabupaten Bengkayang bikin secara doa, daya tentu juga dana untuk menopang pemerintah Tuhan yang lewat persekolahan yang ada di Puaje, Desa Mekar Baru, Kecamatan Monterado, Kabupaten Bengkayang ini,” harapnya.

“Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Kanwil Bimas Kristen Provinsi Kalbar, Depag Bengkayang dan rekan rekan tim misi maupun para donatur dari Jakarta serta Kepala Desa Mekar Baru dan Tan teman hamba Tuhan dan juga tamu undangan yang turut menyaksikan peresmian gedung SMAK Arastamar ini, biarlah semua amal baik kita dapat terbalaskan oleh Tuhan,” tutupnya.

Sementara itu, Asisten II Bupati Bengkayang, Dody Waluyo, dalam kesempatan itu menyampaikan pesan bupati terkait Indeks Prestasi Manusia (IPM) yang merupakan salah satu ukuran dari keberhasilan pembangunan suatu daerah atau negara.

“IPM dapat diukur berdasarkan tiga dimensi, yaitu kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Hingga tahun 2021, capaian IPM 68,04% merupakan urutan ke 4 dari 14 kabupaten kota, perlu diketahui bahwa laju pertumbuhannya tergolong rendah 0,92% per-tahun,” ujarnya.

Ia mengatakan, bahwa salah satu alasan lambatnya pertumbuhan IPM adalah faktor lemahnya dimensi pendidikan. Jadi, pemerintah menilai, pembangunan SMKA Arastamar Monterado ini telah sesuai dengan misi pemerintah Kabupaten Bengkayang yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Bengkayang 2021-2026 yaitu Kabupaten Bengkayang yang maju mandiri sejahtera berdaya saing ditopang pemerintahan yang bersih dan terbuka yang dapat mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang sehat cerdas dan religius. 

“Saya tekankan bahwa sektor pendidikan merupakan salah satu policy (kebijakan, red) utama pada masa kepemimpinan kami dalam rangka menjawab permasalahan strategis yang dihadapi oleh Kabupaten Bengkayang khususnya berkaitan dengan indeks pembangunan manusia di dimensi pendidikan,” kata Dody menyampaikan amanat Bupati Bengkayang.

Lebih jauh, Dody mengatakan, sasaran utama pemerintah yang utama ialah tersedianya peningkatan sarana dan prasarana pendidikan. Sejalan dengan posisi misi Pemerintah Kabupaten Bengkayang, maka acara peresmian gedung SMAK Arastamar Monterado ini merupakan salah satu bentuk upaya kita bersama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai di Kabupaten Bengkayang,” tuturny.

Sehingga, dengan dibangunnya SMAk ini, maka keberadaannya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Bahwa ini wujud kualitas pelayanan kepada peserta didik dapat meningkatkan daya saing dalam dunia kerja, kami juga berharap gedung sekolah ini dapat digunakan secara maksimal. Untuk itu saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada lembaga ini oleh karena itu mari kita memelihara gedung ini sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi kita semua,” paparnya.

Heru Pujiono, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang menegaskan dalam sambutannya, khusus untuk di bidang pendidikan selaras dengan visi dan misi Bupati Bengkayang.

“Kami juga memiliki motto yaitu ‘Gembira Bergerak’, gigih, empati, bijak, inspiratif, kemudian responsif, yang dimana yayasan atau SMAK Arastamar Monterado ini memiliki responsivitas yang tinggi terhadap dunia pendidikan, sehingga peduli dan membangun sarana pendidikan tersebut di tempat ini, namun juga wajib belajar kuat, ulet, aktif dan terampil itu yang paling penting, agar dapat menjadi lulusan yang berdaya saing,” ujarnya.

“Jadi karena ini sudah punya visi-misi yang selaras dengan Pemerintah Kabupaten Bengkayang tentunya SDM Unggul Bengkayang Mantap, kami mendukung dan mendorong persekolahan ini agar dapat bermanfaat bagi banyak orang,” tegasnya.

Terakhir, Kanwil Bimas Kristen Provinsi Kalimantan Barat, Burtono turut menyambut baik atas kehadiran serta partisipasi Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang yang telah merespon dan menghadiri kegiatan ini dan rekan-rekan sejawat yang ada di Kabupaten Bengkayang, serta teman teman tim misi dari Jakarta yang terlibat atas berdirinya sebuah lembah persekolahan ini.

“Tentunya saya selaku Kanwil Bimas Kristen Provinsi Kalimantan Barat turut berterima kasih atas terlaksananya misi ini dan kepada pengurus serta guru dan pelaksana kegiatan ini saya berharap dapat bermanfaat dan nama Tuhan dimuliakan,” pungkasnya. (Rilis/Mardi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

banner 728x250