Berita  

Pencuri Motor di Menjalin Diamankan Warga Mempawah Hulu, Kapolsek Ucapkan Terima Kasih

LANDAK, infokalbar.com – Kepedulian serta keikutsertaan masyarakat dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan (kamtibmas), kali ini ditunjukkan oleh masyarakat Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak. Dimana secara kompak warga berhasil mengamankan seorang pencuri kendaraan bermotor (curanmor) milik Fransiskus Nanan, warga Dusun Menjalin Hilir.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, kronologis pencurian berawal pada Senin (16/05/2022), ketika korban memarkir motornya di lokasi bangunan TP3SR (tempat pengolahan sampah ) di Dusun Menjalin Hilir, Desa Menjalin, Kecamatan Menjalin, Kabupaten Landak. Korban kebetulan bekerja sebagai kurir pasir di lokasi tersebut.

Namun di sela-sela melakukan aktivitas pekerjaan, terlihat ada yang sedang mendorong motor miliknya di tempat parkir untuk dibawa kabur. Fransiskus Nanan pun langsung mengejar dan membuntuti dari belakang sambil berteriak-teriak “maling-maling”. Namun pelaku dengan sigap melarikan motor milik korban ke arah Kecamatan Mempawah Hulu.

“Korban terus melakukan pengejaran terhadap tersangka pencurian motor miliknya, sesampai di persimpangan jalan raya Jembatan Desa Karangan, pelaku terjatuh dan langsung melarikan diri, terjun ke sungai air Mempawah Hulu, masyarakat sekitar dengan spontan bersama korban langsung mengamankan tersangka dan dibawa ke Polsek Mempawah Hulu untuk diamankan,” ujar Kapolsek Menjalin, IPTU Suwandi saat dikonfirmasi.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Anggota Polsek Mempawah Hulu, tersangka dan barang bukti pun kemudian dibawa ke Polsek Menjalin.

“Saat ini pelaku dan barang bukti sudah kita amankan,” ucap Suwandi.

Atas kepedulian dan bantuan warga ini, Suwandi pun mengucapkan terima kasih kepada warga, sehingga aksi pencurian tersebut berhasil digagalkan dan kondisi kembali aman terkendali.

“Saya atas nama Kepala Kepolisian Sektor Menjalin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan Polsek Mempawah Hulu yang mana pelaku pencurian sepeda motor dengan cepat ditangkap dan akan kita proses sesuai dengan hukum yang berlaku,” ucapnya.

Lebih lanjut, berdasarkan hasil pengembangan pihak kepolisian, bahwa pelaku juga telah melakukan aksi pencurian di tempat lain, yakni di parkiran Puskesmas Menjalin. Hal itu, kata Suwandi berdasarkan dari pengakuan pelaku sendiri saat diinterogasi oleh petugas.

“Pelaku mengakui ada mengambil motor di parkiran Puskesmas Menjalin. Alhamdulillah bisa terungkap, pelaku yang sama, yakni Joni Warga Kecamatan Sompak,” tuturnya.

Selanjutnya, Suwandi juga memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar agar lebih berhati-hati lagi kedepannya dalam menyimpan atau memarkirkan kendaraannya.

“Selalu waspada terhadap tindak pidana kriminalitas,” pesannya. (Humas Polsek Menjalin/Gones)