Berita  

Salurkan BTPKLW, Babinsa Koramil-01/Jongkat Pastikan Tepat Sasaran

MEMPAWAH, infokalbar.com – Koramil 01/Jongkat jajaran Kodim 1201/Mph, menyalurkan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) tahap pertama untuk warga di dua kecamatan, Jongkat dan Segedong, pada Rabu (18/05/2022).

Kegiatan yang difokuskan di halaman Koramil-01/Jongkat Jalan Raya Jongkat, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah ini pun mendapat pendampingan serta pengawalan dari Babinsa. Hal itu demi memastikan agar bantuan yang diterima, tepat sasaran.

Kodim 1201/Mph melalui Danramil 01/Jongkat, Kapten Inf Ari Cahyono, dalam keterangannya menjelaskan, bantuan yang disalurkan ini menyasar kepada 675 penerima yang tersebar di dua kecamatan. Penyaluran dilakukan secara bertahap selama 4 hari.

Ia menjelaskan, bantuan yang diberikan sebesar Rp 300 ribu itu merupakan bantuan subsidi minyak goreng dari pemerintah pusat yang diperuntukkan bagi pedagang kaki lima dan pemilik warung yang ada di dua kecamatan. 

“Pengambilan data yang dipergunakan ini berdasarkan pendataan dari kepala kewilayahan beserta Babinsa. Dan dari usulan yang masuk, tidak serta merta lolos sebagai penerima, karena ada verifikasi, apakah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan bantuan atau tidak,” jelas Kapten Ari.

Salah satu alasan warga tidak lolos dalam verifikasi penerima adalah karena mereka umumnya sudah terdaftar sebagai penerima pada program bantuan lain. Dan dari 3.250 orang yang diusulkan, lanjut Danramil, hanya 675 PKL saja yang memenuhi ketentuan.

“Apabila mereka terdaftar sebagai penerima bantuan lain, secara otomatis tidak bisa masuk daftar sebagai penerima BTPKLW, dan bantuan tersebut langsung dialihkan kepada pedagang kaki lima dan warung yang belum tersentuh bantuan,” jelasnya.

Danramil Ari menambahkan, bahwa pengumpulan data yang bertahap dan penyaluran, dari dua Kecamatan Jongkat dan Kecamatan Segedong, dipusatkan di depan halaman Koramil-01/Jongkat. Penerima di Kecamatan Jongkat akan dipusatkan di wantilan depan Makoramil 01/Jongkat. Hal ini untuk memudahkan masyarakat Wajok Hulu, Wajok Hilir dan Jongkat untuk mengambil BTPKLW. 

“Kami tuntaskan dulu untuk tiga desa, setelah itu baru lanjutkan di dua desa yaitu Desa Sungai Nipah dan Peniti Luar,” ungkapnya.

“Target penyaluran selama 4 hari, penyaluran hari pertama dan hari kedua penyaluran di Kecamatan Jongkat dengan target 335 penerima dan akan dilanjutkan kembali pada hari ketiga dan keempat di Kecamatan Segedong dengan jumlah 340 penerima,” tutup Danramil. (1201-01/Rilis/FikA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.