banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250
Berita  

Halal Bihalal, Kadin Kota Singkawang Luncurkan Program Kantin Kejujuran

SINGKAWANG, infokalbar.com – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Singkawang menggelar acara halal bihalal masa bakti 2020-2025, Sabtu, 21 Mei 2022. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Khatulistiwa itu juga dirangkai dengan peluncuran program “Kantin Kejujuran”. 

Kepada wartawan Infokalbar.com, Ketua Kadin Kota Singkawang, Andi Syarif mengatakan bahwa tujuan utama dilaksanakannya halal bihalal tersebut untuk menyambung tali silaturahmi  sesama pengurus.

“Dalam rangka saling halal menghalalkan satu sama lain sesuai makna harfiah halal bi halal itu sendiri,” ujarnya.

Andi Syarif menambahkan, dalam hal hubungan antara sesama manusia (hablum minannas), tentunya manusia tidak terlepas dari salah dan khilaf. Karena menurutnya, hal itu merupakan sifat alamiah dan sesuai dengan kodratnya manusia sebagai makhluk yang dhoif (lemah).

“Dengan begitu, konsep manusia terbaik bukanlah manusia yang tidak pernah bersalah melainkan manusia yang pernah salah dan khilaf lantas ia menyadari kesalahannya, memperbaiki dirinya dengan bertaubat nasuha,” jelas pria yang biasa disapa Bang Andi tersebut.

“Maka untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT itulah, kita perlu untuk saling maaf memaafkan, halal menghalalkan lahir dan batin satu sama lain di suasana Idul Fitri ini,” ujarnya.

Terkait dengan peluncuran “Kantin Kejujuran”, Bang Andi menjelaskan bahwa program ini ditujukan kepada sekolah-sekolah yang ada di Kota Singkawang.

Ia mengatakan, program kantin kejujuran ini semata-mata bertujuan untuk mendidik dan menanamkan jiwa usaha dan prinsip-prinsip kejujuran bagi pelajar selaku generasi penerus bangsa.

“Berdasarkan hasil penilaian dan kelayakan Kadin dan STIE Mulya Kota Singkawang selaku pendamping program kantin kejujuran, untuk tahun 2022 ini, ada 7 sekolah yg menerima bantuan modal dan rak ‘Kantin Kejujuran’,” katanya.

“Diantaranya SD IT, MTSN, SMPN 3, SMPN 4, SMAN 3, SMA IGNASIUS dan MAN Model Singkawang. Dan tidak menutup kemungkinan kedepanya Kadin akan memperluas program ‘Kantin Kejujuran’ ini ke sekolah lainya,” terangnya.

Masih lanjut, Bang Andi juga menyampaikan, disamping launching program Kantin Kejujuran, Kadin Singkawang juga me-launching  program-program lainnya, seperti program Villa Adila, produk kerajinan kain tenun dan launching buku “Pertemukan Aku dengan Tuhanmu”.

Sebelumnya, dalam kegiatan halal bihalal itu, turut dihadiri Ketua Dewan Pembina Kadin Kota Singkawang, Mulyadi Qamal. 

Dalam sambutan singkatnya Mulyadi menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin atas segala salah dan khilaf, baik yang disengaja maupun tidak, selama menjadi Ketua Dewan Pembina Kadin. 

Disamping itu, beliau juga mengapresiasi kinerja pengurus Kadin periode 2020-2025 yang dikomandoi Andi Syarif yang dinilai telah banyak membawa kemajuan serta kontribusi bagi pelaku usaha, UMKM dan Pemerintah Kalimantan Barat khususnya Kota Singkawang. (Indra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.