banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250
Berita  

Kolaborasi BI dan Bank Kalbar, Luncurkan Program QRC Indonesia ke Pedagang Pasar Semi Modern Singkawang

SINGKAWANG, infokalbar.com – Bank Indonesia (BI) bekerjasama dengan Bank Kalbar, meluncurkan program Quick Response Code (QRC) Indonesia Standar atau SIAP (Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai), kepada pedagang Pasar Semi Modern (PSM) Alianyang Kota Singkawang, pada Rabu (15/06/2022).

Kegiatan yang juga dirangkai dengan sosialisasi tersebut, dilaksanakan selama dua hari di PSM Kota Singkawang. Program ini adalah program untuk mempermudah masyarakat atau pedagang dalam melakukan transaksi.

Dalam kegiatan tersebut, BI dan Bank Kalbar juga memberikan doorprize kepada kepada para pedagang PSM berupa kipas angin, magicom, kompor gas dan blender. Sosialisasi turut mendapat pendampingan dari Bhabinkamtikmas, Rahmat, Babinsa setempat, Kamid Abadi.

Kadis Disdaginkop & UKM Kota Singkawang, Muslimin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan menyambut baik adanya kerjasama  tersebut, yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dan pedagang.

“Hal ini sangat menguntungkan bagi perdagangan kita, khususnya pedagang PSM, sehingga diharapkan kesempatan ini jangan dibiarkan begitu saja, tapi direspon dan digunakan program ini,” ucapnya.

Senada dengan itu, Kepala Cabang Bank Kalbar Kota Singkawang, Guntur juga mengucapkan terima kasih kepada Disdaginkop & UKM Kota Singkawang serta partisipasi dan antusias yang luar biasa dari para pedagang PSM Kota Singkawang.

“Semoga dengan adanya program QRC ini dapat mempermudah setiap transaksi para para pedagang kita,” ujarnya.

Lebih Lanjut, Guntur menjelaskan, seyogyanya program ini lebih mengedepankan rasa aman, mudah dan terdepan. 

“Intinya mempermudah transaksi, untung, universal, gampang dan lebih mudah bertransaksi dan tidak menyulitkan para pedagang serta ada keuntungan non tunainya. Sehingga secara inklusif (terbuka), semua lapisan masyarakat domestik dan luar negeri, transaksi yang dilakukan jadi mudah hanya menggunakan satu handphone saja sudah bisa terakomodir semua aplikasi perbankan maupun jual beli online dan sebagainya,” paparnya.

“Intinya transaksi tercepat dan seketika tanpa menunggu proses yang lebih lama,” tambah Guntur.

Sementara itu, Ketua Asosiasi PSM Alianyang Kota Singkawang, Jefry D Tanamal turut menyampaikan terima kasih dan apresiasi dengan kehadiran perbankan di lingkungan mereka. Jefry mengusulkan, lewat kegiatan sosialisasi ini, pihak terkait dapat penunjuk satu perwakilan, hal ini guna memudahkan penjangkauan para pedagang PSM.

“Mendaftar buka rekening di Bank Kalbar (misalnya) dan menggunakan program QRC ini, karena menurutnya para pedagang bisa saja malu atau tidak punya daya (mau konsultasi), harus ke Bank Kalbar, tapi cukup dengan perwakilan di PSM yang telah dipercayakan,” tutup Jefry. (Indra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.