banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250
Berita  

Peringatan HKG PKK ke-50, Babinsa Koramil Jongkat Dampingi Penilaian Lomba Dasawisma Tingkat Kabupaten

MEMPAWAH, infokalbar.com – Babinsa Koramil 01/Jongkat Kodim 1201/Mph, Koptu Pujianto, melakukan pendampingan kegiatan penilaian lomba Dasawisma yang digelar dalam rangka memperingati HKG PKK ke-50 tingkat Kabupaten Mempawah di Desa Sungai Nipah, Sabtu tanggal 18 Juni 2022.

Kehadiran Koptu Pujianto yang turut mewakili Komandan Koramil (Danramil) 01/Jongkat kala itu, yakni guna memberikan rasa aman dan nyaman, sehingga proses kegiatan penilaian dapat berjalan tertib dan lancar hingga selesai.

“Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 WIB, bertempat di Gang Lestari RT 22/RW 03 Desa Sungai Nipah, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah. Hingga selesai pukul 12.00 Wib, Alhamdulillah, kondisi tetap dalam keadaan aman, tertib dan kondusif,” ujar Pujianto dalam keterangan persnya kepada wartawan.

Lebih lanjut, Pujianto yang juga selaku Pejabat Penerangan Koramil (Penramil) 01/Jongkat itu menuturkan, bahwa kegiatan tersebut dihadiri oleh tim penilai dari Kabupaten Mempawah yang dipimpin oleh Zaitin, Camat Jongkat, Reno Prawira, Kades Sungai Nipah, Agus Surapati, Kapuskes Jongkat diwakili, Basirun dan Bhabinkamtibmas, Brigadir Seto.

“Kegiatan lomba penilaian Dasawisma ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke -50 tahun 2022 tingkat Kabupaten Mempawah. Hadir pula sejumlah tokoh masyarakat dan PKK se-Kecamatan Jongkat,” tambah Pujianto.

Adapun tujuan dari lomba Dasawisma ini, lanjutnya, adalah untuk membantu kelancaran tugas-tugas pokok dan program PKK Desa. Dimana kegiatan tersebut diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga. 

“Bentuk kegiatannya seperti gotong royong, UP2K, arisan, pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat (PMT, pengobatan ringan, membangun sarana sampah dan kotoran),” terangnya.

Secara umum, kata Pujianto, tujuan dari kegiatan yang berbasis masyarakat tersebut adalah agar terciptanya sistem kewaspadaan dan kesiapsiagaan dini di masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya penyakit dan masalah-masalah kesehatan yang akan mengancam dan merugikan masyarakat yang bersangkutan.

“Dasawisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat, memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan program-program kegiatan gerakan PKK di tingkat desa, yang nantinya akan berpengaruh pula pada kegiatan gerakan PKK di tingkat kecamatan dan kota,” tutup Pujianto. (Penramil 01/Jongkat/Rilis/FikA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.