banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250
Berita  

Sikapi Serius Soal Pembuatan dan Penyebaran Berita Hoaks, FW & LSM Kalbar Indonesia Bakal Gelar Aksi Damai ke Mapolda Kalbar

Keterangan foto: Sekretais Jenderal Forum Wartawan & LSM Kalbar-Indonesia, Wawan Daly Suwandi. (Istimewa)
Keterangan foto: Sekretais Jenderal Forum Wartawan & LSM Kalbar-Indonesia, Wawan Daly Suwandi. (Istimewa)

SANGGAU, infokalbar.com – Forum Wartawan dan LSM (FW & LSM) Kalbar Indonesia berencana menggelar aksi damai ke Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Kalbar dalam waktu dekat ini.

Aksi ini dilakukan dalam rangka menyikapi secara serius sekaligus desakan adanya upaya proses hukum oleh pihak kepolisian terhadap pelaku dugaan penyebar berita hoaks alias bohong–terkait isu pembalakan hutan yang berujung pada penangkapan salah satu wartawan di Kabupaten Melawi.

“Intinya kami mendesak agar pihak kepolisian, dalam hal ini Polda Kalbar, segera memproses hukum para pelaku yang merupakan oknum dari salah satu media di Kalbar tersebut,” tegas Sekjen FW & LSM Kalbar Indonesia, Wawan Daly Suwandi, Selasa (26/07/2022).

Karena menurut Wawan, lantaran dengan adanya pemberitaan dari oknum wartawan tersebut, telah membuat kredibilitas dan martabat profesi wartawan menjadi rusak. Begitupun dengan citra dan kredibilitas Polri yang juga ikut tercoreng–dan yang pada gilirannya, masyarakat pun menjadi menjadi resah.

“Saya menilai ada tiga aspek yang dirugikan dalam hal ini. Martabat wartawan menjadi rusak, kredibilitas polisi menjadi menurun, dan masyarakat resah–karena menurunnya tingkat kepercayaan publik terhadap pers dan Polri, akibat pemberitaan diduga bohong yang dilakukan itu,” jelas pria yang akrab disapa Wan Daly ini.

Lebih lanjut ditekankan Wan Daly lagi, bahwa tindakan tegas dan terukur wajib dilakukan pihak kepolisian. Karena dengan berita terindikasi bohong yang dibuat dan disebarkan tersebut telah mencemarkan nama baik institusi kepolisian dan juga profesi kewartawanan. 

“Mana ada, katanya (dalam berita yang dibuat oknum tersebut) ada oknum wartawan yang ditangkap karena melakukan pemerasan, bohong itu! Dari Kabid Humas Polda Kalbar sudah langsung membantahnya,” bebernya.

“Segera ungkap dan tangkap pelaku, agar ada efek jera, agar kepercayaan publik segera kembali pulih,” tuntut Wan Daly mengakhiri.

Sebelumnya, beredar seruan aksi damai ke Mapolda Kalbar yang bakal dilakukan oleh sejumlah pengurus dan anggota FW & LSM Kalbar Indonesia.

Rencana aksi yang digelar di Mapolda Kalbar tersebut akan diikuti oleh sejumlah organisasi pers dan beberapa aktivis dari berbagai LSM yang ada di Kalbar dan yang tergabung dalam FW & LSM Kalbar Indonesia.

Adapun organisasi pers yang saat ini sudah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dalam aksi tersebut seperti PPWI, PWKS dan PERJOSI. Sementara dari LSM, diantaranya LP-KPK Komda Kalbar dan Pesida.

Masih dalam seruan aksi yang beredar, disebutkan pula bahwa, untuk Organisasi Pers serta LSM yang ingin ikut bergabung dalam aksi damai nantinya, dipersilakan untuk mendaftarkan diri dengan cara menghubungi masing-masing koordinator wilayah yang ada di Kalbar. Diantaranya;

Sanggau :

1.Sutrisno SH

2.Shery 

3.Kornelis

4.Libertus SE

Sekadau :

1.Supriadi

2.Venan

Sintang :

1.Samsuardi

2.Abdulah

3 Bastian

4.Yohanes S

5.Basori/Abbas

6. Edy Rahman

7. Boy hariansyah

Melawi :

1.Herry Harjomo

2.Jumain

Landak :

1.Gomes Halawa 

2.Kuen

Bengkayang :

1.Injil

2.Sungut

3.Rinto

4.Andrianus 5.Yulizar

Pontianak :

1.Yuni 

Kubu Raya :

1.Edy Jengot

Perbatasan :

1.Saepul

2.Lepinus Sihombing

Ketapang / KKU :

1.Ferry Lim

2.Wan Usman

Catatan: Koordinasi yang dilakukan terhadap masing-masing koordinator wilayah itu juga terkait untuk mengetahui teknis kegiatan, waktu pelaksanaan dan lain sebagainya.

Penulis: M Tasya

Leave a Reply

Your email address will not be published.