Berita  

Wakili Danramil, Bati Tuud Koramil Jongkat Hadiri Rembuk Stunting di Kantor Camat

MEMPAWAH, infokalbar.com – Mewakili Komandan Koramil (Danramil) 1201/01 Jongkat, Bati Tuud Koramil Jongkat, Pelda Indra Gunawan menghadiri kegiatan Rembuk Stunting Wilayah Kecamatan Jongkat, pada Senin tanggal 8 Agustus 2022.

Kegiatan yang difokuskan di Aula Kantor Camat Jongkat, Kabupaten Mempawah tersebut dimulai pada pukul 10.00 Wib.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Sekcam Jongkat, Woro beserta staf, Kapus Wajok, Mugiarsih beserta staf dan bidan desa, Kapus Jongkat, Darwati beserta 5 orang staf dan bidan desa Kabid Kesmas, M Rudi Hartono, Kabid Bapeda, Heri Ramadhani, Kades Jungkat, Ramlan, Kades Sui Nipah, Agus Surapati serta ibu-ibu perwakilan dari desa-desa di wilayah Jongkat.

Melalui keterangan persnya, Bati Tuud Koramil Jongkat, Pelda Indra Gunawan menyampaikan, bahwa terdapat beberapa penekanan yang disampaikan dan dihasilkan dari pertemuan tersebut.

“Diantaranya mengingatkan kembali, bahwa salah satu penyebab stunting ialah karena kurangnya asupan makanan bergizi–yang mana hal itu juga dikarenakan oleh faktor ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu, pemerintah mengharapkan adanya pendataan terhadap para warga atau masyarakat yang kurang mampu tersebut. Hal ini agar memudahkan pemerintah dalam hal melakukan penyaluran bantuan nantinya.

“Agar warga yang tidak mampu didata dan dilaporkan ke Dinas Sosial untuk kemudian dibantu oleh pemerintah. Kemudian lakukan pula pendataan terhadap para ibu hamil untuk dilaporkan ke Dinas Sosial,” terang Pelda Indra.

Selanjutnya, yang tak kalah pentingnya pula, lanjut Pelda Indra, yakni pemberian edukasi kepada masyarakat terkait penyakit stunting. Menurutnya, pemahaman tentang penyakit stunting harus terus menerus dilakukan, agar masyarakat dapat mengantisipasinya sejak awal. 

“Dimana edukasi tersebut merupakan tugas kita bersama dengan pihak terkait, termasuk imbauan kepada kaum ibu untuk memberikan ASI yang cukup terhadap bayinya. Kemudian dari pihak desa bisa mengalokasikan anggaran untuk penanggulangan stunting ini,” tuntas Pelda Indra.

Sebelumnya, kegiatan Rembuk Stunting ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Kemudian dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan dari pejabat berwenang dan pemateri, lalu sesi diskusi dan tanya jawab, dan diakhiri dengan pemberian saran serta masukan.

Kegiatan ini selesai pada pukul 12.10 Wib, dalam keadaan aman dan tertib. (Penramil 01/Rilis/FikA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.