Berita  

IGTKI-PGRI Kabupaten Cianjur Gelar Diklat Implementasi Kurikulum Merdeka

CIANJUR, infokalbar.com – Sebanyak 125 para pendidik Taman Kanak-Kanak yang tergabung dalam organisasi Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTKI)-PGRI se-Kabupaten Cianjur menggelar Pendidikan Dan Latihan (Diklat) Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan itu dilaksanakan di GGI, Jalan Aria Cikondang nomor 14 Cianjur, Jawa Barat.

Kegiatan pendidikan dan latihan tersebut berlangsung selama tiga hari, dimulai sejak tanggal 9 hingga 11 Agustus 2022.

Hari pertama kegiatan, dengan materi Kebijakan, Pembelajaran Paradigma Baru, dan Perencanaan Berbasis Data, dihadiri langsung Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Kadisdikpora) Kabupaten Cianjur Akib Ibrahim.

Sementara di hari kedua, pada 10 Agustus, kegiatan dilaksanakan bertempat di ruang kelas milik Yayasan PKBM Al-Faidah di Jalan Raya Rawa Bango Cianjur. Para pendidik menerima materi memahami enam dimensi profil pelajar pancasila, Penyusunan KOS Bagian 1, diantaranya analisis karakteristik satuan pendidikan visi, misi, tujuan satuan pendidikan, Penyusunan KOS Bagian 2, yaitu pengorganisasian pembelajaran di satuan pendidikan, dan memahami muatan KOS (capaian pembelajaran) serta merumuskan muatan kurikulum.

Kemudian di hari terakhir, pada 11 Agustus 2022, dilakukan pendidikan dan latihan para pendidik menerima materi Perancangan Pembelajaran Bagian 1, yakni menyusun Tujuan Pembelajaran (TP) dan mencari referensi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Kemudian Perencanaan Pembelajaran Bagian 2, yaitu merancang modul ajar dan mempresentasikan modul ajar, dan pengenalan platform teknologi prioritas.

Salah satu peserta pendidikan dan pelatihan implementasi kurikulum merdeka yang juga tergabung dalam organisasi IGTKI-PGRI Kabupaten Cianjur, Evi Susanti menyampaikan, bahwa dirinya merasa bangga dapat mengikuti kegiatan tersebut.

Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini, selain menambah ilmu juga sebagai ajang silaturahmi dengan rekan-rekan seperjuangan dari berbagai PC se-Kabupaten Cianjur bersama-sama belajar untuk membedah kurikulum merdeka serta profil pelajar pancasila,” ujar Evi Susanti yang juga sebagai Guru Kelas TK Nirwana Cendikia Gekbrong Cianjur saat ditemui seusai penutupan di halaman depan Yayasan PKBM Al-Faidah, Kamis (11/8/2022) siang.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua IGTKI Kabupaten Cianjur Bunda Imas Susanti, S.Pd., M.Pd., dan kepada semua pemateri yang telah mentransfer ilmunya,” tukasnya. (Wan Daly)

Leave a Reply

Your email address will not be published.