Berita  

Polwan Goes to School Dalam Rangka Hari Jadi ke-74 Polisi Wanita Republik Indonesia

KUBU RAYA, infokalbar.com – Wakapolres Kubu Raya, Kompol Shandy W.G. Suawa memimpin kegiatan Polisi Wanita (Polwan) Goes to School yang dilaksanakan di di SMA Negeri 1 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, pada hari Jumat (12 Agustus 2022). 

Kegiatan Polisi Wanita (Polwan) Goes to School ini merupakan rangkaian Hari Jadi ke-74 Polisi Wanita Republik Indonesia. Kegiatan ini diisi dengan kegiatan penyuluhan hukum kepada siswa dan siswi SMA Negeri 1 Sungai Raya. 

Dalam kesempatan itu, Kompol Shandy menyampaikan materi tentang Cerdas dan Aman Bermedia Sosial.

“Kami menyampaikan penyuluhan hukum tentang Cerdas dan Aman Bermedia Sosial diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada siswa agar aman dalam bermedia sosial sehingga tidak lagi ditemukan siswa yang menjadi korban atau pun pelaku dari tindak pidana transaksi elektronik,” jelas Kompol Shandy..

Pada kegiatan ini, juga diikuti oleh 5 personel Polwan Polres Kubu Raya, diantaranya Bripka Weni, Briptu Vebi, Bripka Ria, Bripda Adam dan Britu Dizi.

“Materi Penyuluhan Hukum yang disampaikan dalam giat Polwan Goes to School dengan judul ‘Cerdas dan Aman Bermedia Sosial’ sangat diperlukan anak-anak didik atau pelajar bisa berhati-hati jangan sampai jadi korban apalagi pelaku Tindak Pidana yang ditangani dalam ITE,” ungkap Kompol Shandy.

Kegiatan Polwan Goes to School ini mendapat sambutan baik serta apresiasi dari Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sungai Raya, Aisha. Dimana ia berharap, dengan adanya kegiatan penyuluhan hukum ini para siswa-siswi bisa menerapkan cerdas dan aman dalam  bermedia sosial.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kedatangan Waka Polres Kubu Raya yang melaksanakan kegiatan Polwan Goes to School dengan judul ‘Cerdas dan Aman Bermedia Sosial’. Ini sangat diperlukan anak-anak didik atau pelajar bisa berhati-hati jangan sampai jadi korban apalagi pelaku kejahatan karena ketidaktahuannya,” ungkap Aisha. 

Dalam penyuluhan ini, siswa-siswi SMA Negeri 1 Sungai Raya mendapatkan pengetahuan tentang media sosial, dasar hukum, tindak pidana yang ditangani dalam ITE, kejahatan online yang harus diwaspadai, pedofil online atau child grooming, sextortion, love scam, motivasi pelaku, modus pelaku, bagaimana  agar terhindar menjadi korban, cyber bullying.

Polwan Goes to School ini juga memberikan tips bagaimana agar terhindar menjadi pelaku bullying, terhindar penipuan belanja online, contoh-contoh akun yang tidak menipu, kemudian tips aman transaksi online.

Siswa-siswi SMA Negeri 1 Sungai Raya juga diajarkan solusi bila menjadi korban, cara mengamankan bukti di akun medsos, cara copy link URL akun IG dan bagaimana kaum muda harus bersikap. (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published.