Berita  

Rayakan HUT RI, POM Gelar Kegiatan Multi Etnis

PONTIANAK, infokalbar.com – Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke 77, Persatuan Orang Melayu bersama Sapta Sinergi Organizer menggelar serangkaian kegiatan mulai dari Jalan Santai Lintas Etnis, Lomba Jepin Massal, Lomba Fashion Show dan Festival Tari Multi Etnis, di taman sepeda Untan, pada Minggu 28 Agustus 2022.

“Berhubung sekarang sudah era endemi, dimana aktivitas keramaian telah diizinkan kembali oleh pemerintah maka kami Persatuan Orang Melayu pada momen perayaan HUT RI ke 77 ini menggelar serangkaian kegiatan,” ujar Agus Setiadi, Ketua Umum POM. 

Ia menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan pihaknya tahun ini banyak merangkul lintas etnis. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat rasa kebersamaan, persatuan kesatuan dan sikap toleransi sesama anak bangsa. 

“Tentu harapan kami kedepan beberapa item kegiatan yang kami laksanakan ini bisa diakomodir oleh pemerintah daerah khususnya Lomba Jepin Massal dan Festival Tarian Multi Etnis,” terang Agus berharap.

Alhamdulillah antusias masyarakat dalam mengikuti beberapa kegiatan yang akan kita laksanakan minggu ini sangat tinggi , Padahal rentang waktu publikasi sangat pendek tapi banyak peserta yang mendaftar,” tambahnya.

Roni Permana selaku Koordinator Lomba Fashion dan Festival Tari menjelaskan, untuk lomba Fashion Casual Etnik mencapai puluhan orang dan Festival Kreasi Tari Multi Etnis diikuti oleh 18 Tim dari berbagai daerah di Kalbar dan merupakan lomba tari multi etnis pertama kali di Kalbar.

“Semoga saja cuaca bersahabat hari minggu nanti, karena kegiatan lomba kita gelar dari sore sampai malam dan peserta yang mengikuti festival tari juga cukup beragam, ada dari sekolah, kampus, sanggar, dan klub tari serta komunitas,” katanya.

“Kedepan kita akan menggelar event serupa dengan persiapan yang jauh lebih lama dan hadiah lebih besar agar memotivasi para pegiat tari lebih semangat lagi khususnya dari kalangan milenial,” ungkap pengurus PMM yang kuliah di FKIP Untan ini.

Senada dengan hal itu, Sukiryanto selaku Ketua Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalbar mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh POM ini, apalagi dengan melibatkan seluruh etnis yang ada di Kalbar.

“Saya menyambut kegiatan yang dilaksanakan oleh POM Kalbar, ini momen dimana seluruh suku dan etnis di kalbar bersatu dan melupakan sejarah kelam di masa lalu,” katanya.

“PMP sendiri beranggotakan 24 etnis yang ada di kalbar, dengan kolaborasi bersama POM akan meningkatkan marwah kita menjaga persatuan dan kerukunan multi etnis di kalbar.” Kata Sukiryanto.

Sukiryanto menilai saat ini, persatuan dan kesatuan anak bangsa seluruh etnis di kalbar sudah sangat baik, terbukti kegiatan POM ini diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat dari berbagai etnis di kalbar.

“Saat ini persatuan kesatuan di kalbar sudah sangat baik sekali, bahkan kegiatan POM kalbar ini dari mulai jalan sehat hingga tari jepin multi etnis diikuti seluruh lapisan masyarakat dari berbagai etnis terutama di kota pontianak,” katanya.

“Saya berharap kerukunan ini dapat terus bertahan sehingga menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif,” tuturnya.

Nurhayati, Koordinator Lomba Jepin Massal menuturkan, bahwa pihaknya mengajak segenap kaum perempuan di Kota Pontianak dan sekitarnya untuk hadir besok hari minggu mengikuti dan meramaikan jepin massal. 

“Kita mengajak masyarakat luas khususnya kaum perempuan untuk ikut jepin massal besok di taman sepeda Untan. Kegiatan jepin massal dan lomba ini tidak kita pungut biaya sama sekali ,

hadiahnya juga lumayan besar, ada kulkas, mesin cuci, rice cooker, dan lain-lain,” ujar Ketua Persatuan Puan Melayu (PPM) Kalbar ini.

Senam jepin massal ini selain dilakukan secara massal juga diadakan penilaian berdasarkan tim. Jadi juri nanti akan memantau tim mana yang layak mendapatkan juara 1, 2 dan 3. Sedangkan perseorangan tidak dinilai.

“Awalnya kegiatan ini tidak berhadiah dan sama seperti kegiatan jepin massal lainnya, tapi biar lebih semangat kaum emak-emaknya maka kita buat juara. Kedepan PPM Kalbar juga akan menggelar kegiatan Aksi Jepin Massal menyongsong HUT Kota dengan hadiah yang lebih besar dan berbagai doorprize yang menarik,” ucap wanita yang biasa disapa Bunda Ines ini.

Ditambahkan oleh Jamal, koordinator Jalan Santai, kegiatan besok akan kita awali dengan jalan santai.

“Kami juga mengundang kelompok etnis selain Melayu untuk meramaikan kegiatan jalan santai besok agar makin terjalin rasa persaudaraan dan menjaga keharmonisan antar etnis,” katanya.

“Kita tahu bahwa Kalbar ini dihuni oleh berbagai etnis dan memiliki pengalaman pahit. Oleh karena itu moderasi keberagaman lewat jalan santai lintas etnis menjadi solusi merawat perbedaan dan kebersamaan sesama Masyarakat Kalbar,” ungkap pengurus POM Kalbar ini mengakhiri wawancara. (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published.